Walikota Palangka Imbau ASN Dukung Sensus Penduduk 2020 Secara Online

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, SE

PALANGKA RAYA-Badan Pusat Statistik (BPS) menetapkan sensus penduduk tahun 2020 secara online dimulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang dan besok dijadwalkan Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin yang akan disensus.

Menurut Walikota, tata cara pengisian sensus penduduk dengan sistem online sangat mudah. Pertama, masuk ke laman www.sensus.bps.go.id dan selanjutnya ikuti panduannya.

“Bagi yang belum mendaftar secara online, mohon nanti diterima petugasnya. Karena petugas akan datang kerumah sesuai dengan jadwal yang tertera,” kata Walikota, Senin (17/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Palangka Raya ini juga mengimbau kepada aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Kota Palangka Raya agar mendukung program tersebut.

Dilansir dari kompas.com, berikut tata cara pengisian sensus penduduk dengan masuk ke laman www.sensus.bps.go.id menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan internet:

  1. Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP.
  2. Mengisi nomor Kartu Keluarga (KK).
  3. Membuat Password dan memilih pertanyaan pengaman untuk menjaga keamanan data.
  4. Layar daftar pertanyaan akan muncul, lalu isi daftar pertanyaan sesuai dengan kondisi saat ini.
  5. Contoh pertanyaan meliputi alamat, daya listrik, jenis air minum yang digunakan, dan data anggota keluarga lainnya.
  6. Setelah selesai mengisi daftar pertanyaan, klik kirim.
  7. Klik unduh bukti pengisian.

Meski demikian, selain menggunakan metode online, BPS juga akan tetap menggunakan metode sensus konvensional yang akan dilaksanakan pada Juli 2020.

(gra/beritasampit.co.id)