Keren, Masyarakat Kobar Sekarang Bisa Sampaikan Aspirasi Online

IST/BS - Rody Iskandar

PANGKALAN BUN – Pemanfaatan teknologi dalam membantu proses pelayanan terus dilakukan pengembangnya di setiap pemerintatan, seperti yang dibuat pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam menyerap asirasi masyarakat.

Melalui Dinas Kominfo dan Statistik Persandian Kabupaten Kobar meluncurkan  secara resmi  Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi Elektronik Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (e-lapor).

“Jaringan ini merupakan salah satu web, yang kemudian di dalamnya akan banyak aplikasi salah satunya aaplikasi e-lapor. Aplikasi ini adalah tempatnya untuk memberikan masukan pengaduan terhadap kinerja pemerintah baik yang sifatnya positif atau netral,” kata Sekretaris Daerah Kobar, Suyanto, Rabu 19 Februari 2020.

BACA JUGA:   Ini Giat Safari Ramadan 1445 H Kapolda Kalteng ke Kotawaringin Barat

Melalui aplikasi tersebut, lanjut Suyanto masyrakat dapat dengan mudah menyampaikan aspirasinya, misalnya ada tumpukan sampah di pinggir jalan, selama ini masyarakat memberikan laporan lewat WA maupun Facebook.

“Ini bagian dari percepatan dari pelayanan, dimana orang bisa menyampaikan kapan saja dimana saja menyangkut pelayanan publik, dan diharapkan pemerintah daerah juga lebih cepat dalam memberikan respon dan penanganan,” ungkapnya.

Aplikasi E-Lapor ini merupakan sebuah inovasi keterbukaan informasi yang menuntut untuk lebih tanggap, oleh sebab itu masing-masing SKPD harus ada petugas yang menangani E-Lapor.

BACA JUGA:   Pelaku UMKM Alun-Alun Istana Kuning Penuh Ceria Bagikan Takjil Ramadan

”Petugas tersebut tidak hanya menginput, namun juga memberikan masukan kepada pimpinan terkait laporan dari masyarakat,” tandas Suyanto.

Terpisah Kadis Kominfo Rody Iskandar saat dikonfirmasi beritasampit.co.id,mengatakan dukungannya dari semua pihak khususnya masyarakat, karena tujuan dibuatnya jaringan SP4N untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita butuh dukungan semua pihak agar aplikasi ini berguna demi kemajuan Kobar,” singkatnya

(Man/beritasampit.co.id).