Yoyo-Madi Serahkan Puluhan Ribu Lembar Dukungan KTP, KPU Kotim Ingatkan Verfak 100 Persen

Berita Sampit
SERAHKAN DUKUNGAN : ARIFIN/BS – Paslon perseorangan Yoyo-Madi saat menyerahkan syarat dukungan KTP elektronik ke KPU Kabupaten Kotim.

SAMPIT – Pasangan Calon Yoyo Sugeng Triyoga dan Rusmadi Abdullah (Yoyo-Madi) secara resmi telah menyerahkan 30.002 syarat dukungan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Ketua KPU Kabupaten Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, bagi yang ingin maju ke jalur perseorangan salah satu syarat dukungan KTP-elektronik dan sebaran yang telah ditetapkan KPU.

“Kami ingatkan, untuk mengecek syarat dukungan dan sebaran kami akan lakukan verifikasi faktual (verfak) 100 persen,” ujarnya usai menerima berkas dukungan yang diserahkan tim Yoyo-Madi di Aula Rumah Pintar Pemilu Kantor KPU Kabupaten Kotim, Rabu, 19 Februari 2020.

Verfak 100 persen akan melibatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di 168 desa. PPS segera melakukan pengecekan langsung sesuai jumlah dukungan fotokopi KTP elektronik yang sudah diserahkan pasangan calon kepada KPU Kabupaten Kotim.

Dia menjelaskan, untuk syarat dukungan fotokopi KTP elektronik minimal 23.307 jiwa yang tersebar minimal 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Kotim.

“Sesuai laporan, pasangan bakal calon perseorangan Yoyo-Madi sebanyak 30.002 jiwa. Semua sudah kami terima ada 10 kotak,” kata Fathonah.

Sementara itu, bakal calon perseorangan Yoyo mengaku optimistis akan lolos verfak 100 persen yang bakal diadakan KPU Kabupaten Kotim.

Dia berasalan  bahwa seluruh dukungan fotokopi KTP elektronik yang telah diserahkan itu murni dari dukungan masyarakat.

“Insya Allah, mereka (pendukung) akan memberikan jawaban menggembirakan pada saat verifikasi faktual nantinya,” ucapnya.

Menurutnya, masyarakat yang sudah mendukung melalui KTP elektronik tidak hanya untuk mengantarkan dirinya mendapatkan tiket sebagai calon bupati dan wakil bupati jalur independen yang akan ditetapkan KPU Kabupaten Kotim nantinya.

Disamping itu, lanjutnya, seluruh pendukung akan tetap solid pada saat pencoblosan yang akan diselenggarakan 23 September 2020.

“Pada tanggal 23 September nanti, mereka (pendukung) berada dibarisan utama dan pemilih utama, saya harapkan tetap bergerak dengan cara santun dan taat aturan,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)