SAH!! Ini Nama-nama Bacalon Penerima Rekom PDI Perjuangan untuk Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim

PALANGKA RAYA-Siapa nama pasangan bakal calon (Bacalon) Gubenur dan Wakil Gubenur Kalimantan Tengah (Kalteng), Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kitim) dari PDI Perjuangan masih menyimpan tanda tanya besar.

Sementara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan telah secara resmi mengumumkan nama-nama Bacalon kepala daerah beserta wakilnya yang maju pada pemilihan secara serentak pada bulan September 2020 mendatang di 270 daerah di Indonesia, kecuali Bacalon untuk Kalimantan Tengah.

Seperi diketahui, pada tanggal 30 September 2019 lalu, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah, Arton S Dohong telah secara resmi mengumumkan nama-nama Bacalon Gubernur Kalteng yang mendaftar di PDI Perjuangan.

Mereka adalah; Sugianto Sabran yang berstatus petahana, Bupati Barito Utara Nadalsyah dari Partai Demokrat, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak yang juga kader Partai Golkar, serta Wali Kota Palangka Raya dua periode, yakni 2008-2013 dan 2013-2018 Riban Satia.

Berikutnya, Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat yang tercatat sebagai kader Partai Nasdem dan seorang dosen dari perguruan tinggi di Palangka Raya bernama Nicodemus R Toun juga ikut bersaing di partai tersebut.

BACA JUGA:   Empat Pasang Petarung di Pilkada Kotim, Bahkan Petahana Diprediksi Terpecah

“Ada juga sejumlah kader PDIP Kalteng seperti Kaji Kelana Usop, Willy M Joseph, Yulistri B, Arton S Dohong (saya sendiri), Perdie M Joseph, Asdi Narang dan Supian Hadi,” jelasnya.

Selain nama-nama Bacagub Kalteng, DPD PDIP juga mengumumkan nama-nama 12 Bacawagub Kalteng yang mendaftar di partai berlambang banteng moncong putih itu.

Keduabelas nama tersebut, yakni Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, Bupati Kotim Supian Hadi, Kader Partai Demokrat Sipet Hermanto yang juga mantan Kepala Dinas Kehutanan Kalteng dan seorang advokat Rahmadi G Lentam.

Kemudian Suel dan KH M Yusuf Al Hudromy yang berstatus pensiunan aparatur sipil negara, serta kader PDIP seperti Nashir Hayatul Islam, Kepas Rangkai, Nyelong I Simon, Gunawan Angkat, Fransiscus Welafubun dan Milo Emanuel.

Sementara itu untuk Pilbup Kotawaringin Timur, nama-nama yang mendaftar sebagai Bacalon Bupati di DPC PDI Perjuangan Kotawaringin Timur, yaitu H Muhammad Jhon Krisli, Alexius, Yanson, H Nurul Edy, H Ahyar Umar, HM Taufiq Mukri, H Supriadi, Modika Latifah Munawarah, Ferry Khaidir, Yusuf Al Hudromy, Redy Setiawan dan Halikinnor.

BACA JUGA:   Aktivis Muda Harapkan Bakal Calon Bupati Harus Benar-Benar Paham Kondisi Katingan

Dari nama-nama Bcalon kepala daerah dan wakil kepala daerah tersebut, baik untuk Pilgub Kalteng dan Pilbup Koatwaringin Timur tidak tercantum dalam daftar surat undangan untuk hadir ke Kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta yang ditanda tangani oleh Ketua DPP, Bambang Wuryanto dan Sekjen, Hasto Kristiyanto dengan agenda “Penyampaian tahap I nama-nama calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang direkomendasikannoleh PDI Perjuangan.

Saat dikonfirmasi BeritaSampit kepada Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng, Sigit K Yunianto terkait belum diumumkannya nama-nama Bacalon pasangan kepala daerah, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, tak banyak berkomentar.

“Nah masalah tersebut hasil pertimbangan oleh DPP. Jadi kami ndak tau, mungkin masih dalam proses pemantapan kali,” jawab Sigit via whatsapp, Kamis (20/2/2020).

Kembali ditanya kapan kepastian rekomemdasi keluar untuk pasangan Bacalon kepala daerah di Kalimantan Tengah. Sigit kembali dengan singkat menjawab. “Belum tau mas,” katanya.

(gra/beritasampit.co.id)