Penyusunan RKPD Tentukan Tema Pembangunan Katingan Tahun Anggaran 2021

RAPAT KONSULTASI PUBLIK : IST/BS - Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama saat membuka kegiatan rapat, di aula gedung kantor Bappelitbang Kabupaten Katingan, pada Kamis (20/2/2020).

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, melalui Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama, membuka kegiatan rapat Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah ddaerah (RKPD), Kabupaten Katingan tahun anggaran 2021, di aula gedung kantor Bappelitbang Kabupaten Katingan, pada Kamis (20/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Ahmad Rubama mengatakan, bahwa penyelenggaraan forum konsultasi publik penyusunan rencana awal RKPD Kabupaten Katingan tahun anggaran 2021 ini merupakan momen yang sangat strategis untuk mengsinergikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis.

“Tahun 2021 merupakan tahun ketiga bagi pemerintah Kabupaten Katingan dalam upaya pencapaian visi Kabupaten Katingan, yaitu Katingan Bermartabat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Oleh karena itu, penyusunan RKPD tahun anggaran 2021 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat katingan secara tepat dan strategis,” terang Ahmad Rubama, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Katingan Sakariyas.

BACA JUGA:   Soal ODP dan PDP di Katingan, Anggota DPRD Imbau Jangan Panik dan Tetap Waspada

Output dari konsultasi publik ini, menurutnya diharapkan menjadi media awal untuk masuk pada pembentukan komitmen seluruh stakeholders dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD), yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan unum anggaran (KUA) dan prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS).

BACA JUGA:   Kapolres Katingan Kunjungi Posko Rest Area Kereng Pangi

“Perlu saya tegaskan bahwa sebagai bagian dari proses penyusunan rencana kerja pembangunan daerah daerah, maka perlu disepakati tema pembangunan 2021 sebagai salah satu paduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun anggaran 2021,” ucapnya.

Kemudian kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2021 berpedoman pada arah pembangunan berdasarkan RPJPD Kabupaten Katingan tahun 2005-2025 dan RPJMD Kabupaten Katingan  2018-2023.

“Maka tema pembangunan kabupaten katingan tahun anggaran 2021 adalah pemantapan struktur ekonomi dengan sumber daya manusia yang berdaya saing dan optimalisasi sumber daya alam berbasis pertanian yang berkelanjutan,” pungkasnya.

(nas/beritasampit.co.id)