Peringati Hari Peduli Sampah, DLH Kobar dan OFI Gelar Aksi Pungut Sampah

Risa/BS - Kabid Pengelolaan Persampahan dan B3, M. Robiannor saat menyampaikan sambutannya.

PANGKALAN BUN – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), bekerjasama dengan Orangutan Foundation International (OFI), bersama-sama membersihkan sekitar wilayah Desa Pandu Sanjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jum’at 21 Februari 2020.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah untuk upaya pengurangan sampah terutama sampah plastik terus gencar dilakukan. Hal tersebut merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk mengendalikan sampah plastik, maka DLH kobar berkerjasama dengan OFI dan masyarakat melakukan aksi pungut sampah.

DLH Kobar juga menggerakkan para pelajar dan ada juga lansia yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, tidak hanya bersih-bersih, tetapi juga melaksanakan senam bersama yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah ini.

Kepala Dinas Lingkungan hidup (DLH), melalui Kabid Pengelolaan Persampahan dan B3 M. Robiannor mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan hari peduli sampah terkait pentingnya pengendalian sampah plastik.

“Kegiatan pungut sampah ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah terutama, pentingnya pengendalian Sampah plastik yakni untuk mengurangi hal tersebut, DLH Kobar telah memulainya dengan gerakan menggunakan tumbler sebagai pengganti botol minuman air mineral dalam kemasan sekali pakai,” jelas Robianoor.

Upaya kedepanya, DLH Kobar akan memberikan edukasi dan sosialisasi, bagaimana menanggulangi sampah dengan bersama-sama, dan Kegiatan lain yang akan dilaksanakan dalam memperingati Hari Peduli Sampah, akan diadakan senam bersama, sosialisasi dan edukasi masalah persampahan.

(Risa/beritasampit.co.id)