Sekda Sukamara : Pemerintah Pusat Terus Dukung Upaya Daerah Kurangi Sampah

Pemanfaatan Sampah : ENN/BS - Sekda Sukamara Sutrisno saat melihat berbagai macam sampah plastik yang dimanfaatkan menjadi berbagai macam wadah atau pot tanaman.

SUKAMARA – Sekertaris Daerah (Sekda) Sukamara Sutrisno mengatakan bahwa dalam upaya pengurangan sampah plastik Pemerintah Pusat memprogramkan kegiatan Indonesia Bersih.

Pemerintah pusat melalui kementerian dan lembaga terus melakukan upaya dan bersinergi agar target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada tahun 2025 dapat tercapai.

“Pemerintah daerah juga didukung terus untuk upaya penanganan sampah ini dengan memberikan dana insentif kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengurangan sampah plastik,” jelas Sutrisno saat membuka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di SMPN 1 Sukamara, Jumat (21/2/2020).

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Sutrisno menerangkan ada beberapa daerah yang telah memperoleh dana insentif untuk upaya pengurangan sampah plastik didaerahnya.

“Pada tahun 2020 ini ada beberapa daerah yang memperoleh dana insentif dari pemerintah pusat seperti Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Surabaya, Depok, Bogor, Malang, Cimahi, Padang dan Makasar,” rinci Sutrisno.

“Saya juga berharap ini bisa menjadi pemicu semagat kita untuk mengurangi dan mengelola sampah agar 2025 Sukamara bersih sampah,” terang Sutrisno.

BACA JUGA:   Sekda Sukamara Buka Forum Gabungan Perangkat Daerah

Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menggelar puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Sukamara.

Acara yang juga disaksikan oleh ratusan siswa siswi SMPN 1 Sukamara itu, dibuka secara langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Sukamara, Sutrisno yang sangat antusias karena kegiatan dilaksanakan dilingkungan sekolah. (enn/beritasampit.co.id)