Christian Sancho Mudur, Eddy Raya Ketua Koni Kalteng Terpilih Aklamasi

PALANGKA RAYA-Laporan tim penjaringan dan penyaringan atau TPP Ketua KONI Kalteng mengajukan dua nama untuk ditetapkan sebagai calon Ketua Umum KONI Provinsi Kalteng dalam Musorprovlub KONI Kalteng 2020.

Menurut Ketua TPP, kedua nama tersebut dinyatakan memenuhi syarat setelah proses falidiasi dan klarifikasi serta dilakukan pengecekan secara detail.

Kedua nama yang diajukan untuk ditetapkan dalam Pleno I, Musorprovlub KONI Kalteng 2020 tersebut yakni, Eddy Raya Samsuri dan Christian Sancho. Sementara Sigit K Yunianto tidak mengembalikan formulir pendaftaran.

Saat Pimpinan Sidang memberi kesempatan kepada peserta Musorprovlub untuk menyampaikan tanggapan terkait dua nama diajukan sebelum ditetapkan oleh pimpinan sidang berakhir dengan sidang diskor.

Ketua Pengurus Provinsi Kalteng Persatuan Bola Basket Indonesia Kalteng, Ambeng Dedi Oktavianus dalam tanggapannya mempertanyakan kembali persyaratan calon berdasarkan hasil penjaringan dan penyaringan.

Menurut dia berdasarkan aturan calon yang dinyatakan memenuhi syarat calon harus mendapat dukungan dari Cabor. “Berapa jumlah suara yang dukung kedua calon. Persyaratan itu mutlak agar kita tidak melanggar aturan. Siapapun terpilih untuk kebaikan olahraga di Kalteng,” tegasnya.

Sementara perwakilan dari Barito Selatan meminta kepada pimpinan sidang agar tidak usah membacakan syarat dukungan tersebut, dan sidang tetap dilanjutkan. Hal yang sama juga pendapat dari Ketua Pimpinan Sidang, Falery Tuwan. “Saya tidak usah dibacakan ya,” ucap Falery.

Menyikapi perdebatan tersebut, Calon Ketua Umum Koni Kalteng, Christian Sancho meminta agar sidang diskor 5 menit. Saat penyampaian visi dan misi, Christian Sancho menyampaikan pernyataan resmi dengan menyatakan mundur dan mendukung penuh Eddy Raya Samsuri sebagai Ketua Umum Koni Kalteng.

(gra/beritasampit.co.id)