Firli Bahuri: Korupsi Terjadi Karena Keserakahan Manusia

Seminar Nasional' Dewan Perwakilan Daerah di Gedung Nusantara IV, Parlemen Senayan, Senin, (24/2/2020). Foto: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Ketua KPK RI Komjen Pol Firli Bahuri mengatakan bahwa korupsi terjadi karena keserakahan. Hal itu dikatakan Firli saat menghadiri acara ‘Seminar Nasional’ Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), yang digelar di Gedung Nusantara IV, Parlemen Senayan, Senin, (24/2/2020).

“Para koruptor gak ada yang miskin, rumah mewah, mobil bagus, tabungan sudah banyak, perusahaan banyak. Artinya dia bukan orang yang kurang,” tegas Firli.

Seminar dengan tema, ‘Penegakan Hukum Dalam Kerangka Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Percepatan Pembangunan Daerah’ itu dihadiri Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

BACA JUGA:   Komisi VII DPR RI Desak Dirut PHE Bekerja Maksimal Tingkatkan lifting Migas Nasional

Hadir juga perwakilan gubernur se-indonesia, Ketua DPRD Provinsi se-Indonesia dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) se-indonesia.

Firli mengatakan korupsi karena keserakahan biasa dilakukan pejabat negara yang memiliki kekuasaan dan kewenangan dengan menyalahgunakan mandat yang diberikan kepada mereka.

Selain keserakahan atau salah satu sifat manusia yang sangat buruk itu, Firli bilang korupsi juga terjadi karena ada faktor kesempatan seseorang untuk melakukan tindakan pidana tersebut.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Dukung Jokowi yang Ingin Ketersediaan Harga Pangan Tetap Stabil Jelang Ramadhan

Oleh karena itu, Firli menegaskan pencegahan tindak pidana korupsi harus digelorakan hingga ke pelosok negeri.

“Saya minta aparatur pemerintah daerah, tolong ini yang menjadi PR kita. Mari kita sama-sama benahi,” pungkas Komjen Pol Firli Bahuri.

(dis/beritasampit.co.id)