Riduanto Harapkan Masyarakat dan Petugas Kesehatan Hewan Proaktif Vaksin Rabies

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto

PALANGKA RAYA-Guna mencegah penularan virus rabies dari Anjing, Kuning dan Kera ke manusia. Masyarakat diimbau agar proaktif memvaksin hewan peliharaan. Imbauan tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto, Senin (24/2/2020).

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, masih ada masyarakat Kota Palangka Raya yang enggan mrmvaksin hewan peliharaanya, seperti Anjing dan Kucing dengan alasan takut mati dan sebagainya.

BACA JUGA:   Ini Sikap 6 Cabang Terkait Badko HMI Kalselteng di Palangka Raya

Oleh karenya, Riduanto juga berharap kepada petugas kesehatan hewan juga ikut proaktif memvaksin hewan peliharaan masyarakat. “Tidak hanya masyarakat, petugas juga harus proaktif,” harapnya.

“Dimana kalau malam banyak suara gonggongan anjing, berarti di daerah tersebut banyak anjing. Tinggal petugas datang siangnya menanyakan masyarakat sekitar siapa pemilik anjing tetsebut,” kata Riaduanto.

Jika ada yang terkena gigitan Anjing atau Kucing, Riduanto menyarankan agar masyarakat segera memeriksakannya ke Puskesmas Bukit Hindu, karena Puskesmas tersevut telah ditunjuk khusus menangani masalah rabies.

BACA JUGA:   Simpan Paket Diduga Sabu-sabu, Pria Ini Diringkus Polisi

“Puskesmas Bukit Hindu itu telah ditunjuk untuk menangani masalah rabies. Kerna Puskesmas tersebut punya fasilitas untuk menangani gigitan Anjing yang terindikasi rabies dan pelayanan 1×24 jam,” katanya.

(gra/beritasampit.co.id)