Bupati Yakin Swasembada Beras di Sukamara Dapat Terwujud

Panen Padi : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio saat memanen padi milik kelompok tani karya teladan di Desa Sungai Pasir.

SUKAMARA – Melihat hasil panen yang didapat dari Kelompok Tani Karya Teladan di Dusun Teruntum Desa Sungai Pasir, Kecamatan Pantai Lunci, Bupati Sukamara, Windu Subagio merasa optimis program swasembada pangan bisa terwujud.

“Kalau kita melihat hamparan padi maupun panen hari ini, saya optimis kedepannya Sukamara bisa swasembada pangan dalam hal ini swasembada padi,” ungkap Windu Subagio usai syukuran panen padi di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci, Selasa (25/2/2020).

Dengan optimalisasi peningkatan hasil produktivitas kedepan, Wundu Subagio yakin dengan penanganan yang lebih baik, Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai bisa menjadi lumbung padi bagi daerah Kabupaten Sukamara.

“Harapan kita keberhasilan Desa Sungai Pasir dalam mengembangkan pertanian bisa memacu semangat desa lainnya agar bisa memelakukan hal yang sama,” terang Windu.

Dijelaskannnya, untuk memenuhi kebutuhan padi di Sukamara hanya membutuhkan luasan lahan persawahan 1500 hektare.

“Dengan dua kali panen pertahun asumsi hasil panen 4 ton per hektare maka itu sudah bisa memenuhi beras seluruh masyarakat Kabupaten Sukamara,” jelas Windu.

Dengan total 200 hektare lahan sawah yang s di Desa Sungai Pasir saat ini lanjut Windu, maka jumlah tersebut sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Desa Sungai Pasir.

“Dari Dusun Teruntum saja sudah bisa memenuhi kebutuhan beras Desa Sungai Pasir,” tukas Windu. (enn/beritasampit.co.id)