Kotim Masuk Lima Besar Kerawanan Pemilu Se Indonesia

IST/BS - Bawaslu RI saat memaparkan IKP di Jakarta

SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masuk pada lima besar Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Pemilihan Kepala Daerah (Piilkada) 2020 dari lima belas kabupaten atau kota se indonesia.

Hal itu tertulis di website bali.bawaslu.go.id, mengutip dari website tersebut Ketua Bawaslu Abhan menyampaikan bahwa IKP dirancang untuk memetakan potensi kerawanan Pilkada serentak yang berlangsung di 270 daerah dengan fungsi antisipasi dan pencegahan dini.

“IKP bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik dan kategori kerawanan di masing-masing daerah yang menyelenggarakan pemilihan. Hasil penelitian IKP Pilkada 2020 menyoroti dari 261 Kabupaten/Kota didapati tiga daerah yang memiliki level tetinggi. Yaitu Kabupaten Manokwari, Mamuju, Makassar, Lombok Timur dan Kotim,” kata Abhan saat peluncuran IKP di Jakarta, Selas (25/2/2020), kemarin.

Sementara itu, Bupati Kotim Supian Hadi belum lama ini meminta kepad warganya untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang pilkada mendatang. Ia juga mengapresiasi kerukunan dan kekondusifan daerah yang di rawat oleh masyarakat Kotim tanpa harus di komando.

“Saya salut kepada masyarakat Kotim, kini para pemilih sudah cerdas dalam menentukan sikap dan menjaga keamanan. Walaupun suhu dan tensi politik meningkat, serta menjadi perbincangan dikalangan masyarakat tetapi tetap kompak dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” kata Supian

(jmy/beritasampit.co.id)