Peringatan HPSN di Kabupaten Kapuas, Ben Turun Langsung Bersihkan Sampah di Sungai 

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat (topi putih) saat membersihkan sampah yang mengapung di sungai, sekitaran Pelabuhan Danau Mare, Kota Kuala Kapuas, Rabu, 26 Februari 2020.

KUALA KAPUAS – Menggunakan kapal motor, dengan serok ikan di tangan, Bupati Kapuas Ben Brahin S Bahat membersihkan sampah yang mengapung di Sungai Kapuas, tepatnya di sekitaran Pelabuhan Danau Mare, Kota Kuala Kapuas, Rabu, 26 Februari 2020.

Itu dilakukannya bersama Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, unsur forkopimda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kusmiati dan lainnya dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020.

Namun sebelum membersihkan sampah yang mengapung di sungai, terlebih dulu melakukan apel di Stadion Panunjung Tarung, Kota Kuala Kapuas, dimana orang nomor satu tersebut memimpinnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Dikesempatan itu, Ben meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan di sekitarnya, terutama di rumah, sekolah, dan fasilitas umum.

“Mari kita bersama-sama menjaga Kota Kuala Kapuas sehingga menjadi kota yang bersih, kota yang indah dan kota yang kita harapkan,” ucap.

Bupati ini juga meminta kepada dinas maupun instansi terkait untuk menertibkan bangunan-bangunan yang berdiri tidak pada tempatnya seperti di pinggiran sungai, sehingga dapat selalu tertata dengan baik.

Masih kata dia, kepada Ketua RT diminta untuk menghimbau kepada warganya agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Kita patut berbangga, sebab saat musim hujan kota Kuala Kapuas tidak mengalami banjir karena sistem drainase kota yang bagus. Mari kita selalu jaga kebersihan dan keindahan kota kita tercinta ini,” ungkap Ben.

Kemudian ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan ikut melaksanakan kegiatan bersih-bersih dalam rangka memperingati HPSN Tahun 2020.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Kapuas Kusmiati mengatakan, tema HSPN tahun ini adalah Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera.

“Kegiatan ini juga sekaligus puncak acara Gerakan Ije Atei Ke Barasih Menuju Kapuas Ke Barasih,” terangnya.

(irfan/beritasampit.co.id)