Ribuan Ekor Ikan Ditebar di Embung Tampenek

Tebar : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio saat menebar benih ikan di embung Tampenek.

SUKAMARA – Kepala Dinas Perikanan Sukamara, Fandedi mengatakan bahwa sekitar 4 ribu ekor ikan yang ditebar di embung Tampenek oleh Bupati Sukamara, Windu Subagio pada kunjungannya kali ini.

“Ada kita tebar 2 jenis ikan masing-masing sebanyak 2 ribu ekor yaitu ikan Nila atau nama ilmiahnya Oreachromis Niloticu dan Ikan Patin atau Pangasius pangasius,” jelas Fandedi, Rabu (26/2/2020).

Dengan pelaksanaan penebaran ikan atau restocking di embung Tampenek, Fandedi berharap ada peningkatan stock populasi ikan serta langkah pihak Dinas Perikanan Sukamara dalam upaya pelestarian keanekaragamanan sumber daya ikan.

“Kita juga berharap dengan adanya peningkatan populasi ikan akan dapat menjadi tambahan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan disekitar embung Tampenek,” jelas Fandedi.

Fandedi menerangkan jika ada beberapa syarat perairan umum untuk dapat melakukan restocking agar sehingga berjalan secara efektif dan efesien.

“Tingkat kesuburan perairan tinggi dan tidak tercemar, lalu ada kualitas air memenuhi kriteria baku mutu air golongan C dan kondisi perairan layak bagi kehidupan biota akuatik
Sifat perairan permanen atau ada air sepanjang tahun,” tukas Fandedi.

Sebelumnya, Bupati Sukamara Windu Subagio melakukan penebaran ikan. Restocking yang dilakukan orang nomor satu di Bumi Gawi Barinjam itu agar dapat menambah stock ikan tangkap di wilayah Sukamara.

“Penebaran ikan atau restocking ini adalah satu upaya penambahan jumlah ikan tangkapan dengan cara ditebarkan di perairan umum seperti sungai, danau, waduk, embung atau rawa, sekarang kita lakukan di embung Tampenek,” kata Windu Subagio, Rabu (26/2/2020). (enn/beritasampit.co.id)