Prediksi BMKG Cuaca 2020 Kemarau Panjang, BPBD Katingan Lakukan Langkah Ini

RAPAT KOORDINASI : NAS/BS - Suasana kegiatan rapat, di aula kantor Bappelitbang Katingan

KASONGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan gelar rapat Koordinasi Evaluasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Kabupaten Katingan Tahun 2020, Kamis 27 Februari 2020.

Rapat rapat koordinasi Evaluasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana yang dilaksanakan di aula kantor Bappelitbang Katingan tersebut, dibuka dan dipimpin langsung Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang.

Kepala Pelaksana BPBD Katingan, Eka Surya Dilaga, mengatakan hal ini memperhatikan ramalan cuaca pada tahun 2020, dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah akan mengalami kemarau yang cukup panjang.

BACA JUGA:   Aktivitas Warga Kasongan Mulai Lumpuh Akibat Luapan Air Sungai

Sebagaimana diketahui akibat dari kemarau tersebut wilayah Kabupaten Katingan rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan tentunya merugikan semua.

“Dengan demikian, maksud kegiatan rapat koordinasi Evaluasi dan Kesiapsiagaan ini dalam rangka menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Katingan Tahun 2020. Sehingga dari hasil rapat tersebut kita bisa mengevaluasi langkah-langkah pencegahan, penanganan pengendalian dan penanganan pasca bencana di wilayah Kabupaten Katingan nantinya,” jelasnya.

Kemudian, tujuannya untuk meningkatkan kewaspadaan semua pihak dalam kegiatan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, serta meningkatkan kapasitas berbagai peralatan maupum sumber daya serta  kerjasama antara pemangku kepentingan dalam penanganan resiko bencana.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Imbau Perusahaan Swasta Perhatikan Pembayaran THR Karyawan

“Mari kita satukan tekad lebih baik mencegah jangan sampai terjadi kebakaran dari pada harus memadamkan api, akibat dari kebakaran. Stop pencemaran asap di Kabupaten Katingan,” pungkasnya.

Untuk diketahui turut hadir dalam kegiatan ini Wakapolres Katingan, Dandim 1015 Sampit, Plt Kajari Kasongan, Kepala BPBD Katingan, dan peserta rapat seperti sejumlah kepala OPD, seluruh Kapolsek, Camat, Lurah Kasongan lama, tokoh masyarakat, toko agama tokoh pemuda, organisasi kemasyarakatan serta tamu undangan yang hadir.

(nas/beritasampit.co.id)