Sunardi Ajak Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Dini, Soal Apa Ya?

SAMBUTAN : NAS/BS - Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang saat menyampaikan sambutanya pada Rapat Koordinasi Evaluasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Katingan.

KASONGAN – Memperhatikan ramalan cuaca pada tahun 2020 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan mengalami kemarau yang cukup panjang. Sehingga, salah satunya di wilayah Kabupaten Katingan rentan terjadinya bencana kebakaran hutan.

Terkait hal tersebut, Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang berharap kepada seluruh pemangku kepentingan seperti BPBD, Polres Katingan, Camat, Kepala Desa dan masyarakat harus melakukan tindak nyata untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Katingan nantinya.

BACA JUGA:   Bantu Masyarakat Katingan, Pemprov Kalteng Adakan Pasar Murah

“Tindakan nyata yang dilakukan yaitu, peningkatan kewaspadaan dini terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Lalu, peningkatan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan diseluruh wilayah Kabupaten Katingan,” tegasnya saat rapat Koordinasi Evaluasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana di Kabupaten Katingan Tahun 2020, di aula kantor Bappelitbang Katingan, Kamis 27 Februari 2020.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Katingan Gelar Operasi Keselamatan Telabang 2024 dengan Cara Unik

Kemudian harapnya, penyiapan pembukaan lahan usaha pertanian, perkebunan, dan pengunaan lahan lainnya tidak dilakukan dengan cara pembakaran, “Dan juga, upaya pencegahan, penanggulangan dan penanganan paska bencana di pandang sebagai tindakan kolaborasi semua pihak pemerintah, pemerintahan desa, swasta dan masyarakat agar penanganan dapat berdaya efek besar dan tuntas,” pungkasnya.

(nas/beritasampit.co.id)