Bupati Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan dan Daur Ulang Sampah

Risa/bs- Bupati Kobar menyerahkan Bibit pohon kepada Kepala Desa Pasir Panjang.

PANGKALAN BUN – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), DLH Kotawaringin Barat (Kobar), menggelar kegiatan aksi Pungut sampah di Jalan Sutan Syahrir dan senam bersama, di halaman kantor Bupati Kobar, Jum’at 28 Februari 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Wakil Ketua II DPRD KOBAR Bambang Suherman, dan juga dihadiri oleh Heni Puspita, M.Si, Kasubdit Pengelolaan Sampah, Sarana dan Prasarana Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian LHK dan beberapa Forkopimda Kobar dan instansi terkait.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Adapun tema peringatan HPSN kali ini adalah, “Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera”.

BACA JUGA:   Satpolair Polres Kobar Periksa Nahkoda dan ABK Kapal Bahkan Sosialisasi Prokes

Dalam sambutannya Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengajak seluruh peserta dan masyarakat, untuk menjaga lingkungan dari sampah. Serta mampu mendaur ulang sampah, dan bersama-sama menjaga kebersihan yang dimulai dari diri masing-masing untuk membuang sampah pada tempatnya, yang kemudian belajar untuk menjadikan sampah menjadi nilai ekonomis.

Selain itu, Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar, melalui Kabid Pengelola persampahan dan B3 (DLH) Kobar mengatakan bahwa, “Kegiatan ini merupakan Hari puncak rangkaian kegiatan dalam rmemperingati Hari Peduli Sampah Nasional, dimana kami memberikan Edukasi kepada masyarakat dan dinas terkait dalam melakukan pengurangan sampah plastik, maka dari itu kami melakukan aksi pungut sampah dan membuang Sampah pada tempatnya,” jelas nya

BACA JUGA:   Penuhi Janji, Polres Kobar Kembali Tangkap Tiga Penambang Emas Liar

Dalam kegiatan ini juga ada penyerahan bibit pohon dari Bupati Kobar kepada kepala desa pasir panjang dan pembagian tas ramah lingkungan, dimana tas ini tidak terbuat dari plastik dan dapat digunakan berulang kali, ini merupakan upaya dari DLH bagaimana agar dapat mengurangi sampah plastik khususnya kantong plastik sekali pakai.

(Risa/beritasampit.co.id).