KNPI Kalteng Gagas Mimbar Bebas Pemuda: Mencari Pemimpin Ideal Kalteng

IST/BS - Undangan mimbar bebas pemuda KNPI Kalteng.

PALANGKA RAYA – Pada bulan September 2020 mendatang Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan satu hajatan politik besar yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru. Moment Pilkada merupakan satu momentum yang diharapkan mampu memberi perubahan terhadap Kalteng ke arah yang lebih baik. Sebab itulah momentum Pilkada harus dijalankan dengan mekanisme yang benar dan bertanggungjawab, agar apa yang dihasilkan lewat pilkada mampu memberi perubahan ke arah yang baik bagi kemajuan daerah dan masyarakat Kalteng.

Pilkada bukan hanya sekadar momen dimana masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk memilih pemimpin daerahnya, namun di dalam pilihan mereka tersebut tersimpan harapan yang sangat besar dalam mengubah masa depan bangsa Indonesia terkhusus Kalteng, tanah dimana mereka berpijak.

Tentunya ada harapan yang sangat besar bahwa nantinya pemimpin Kalteng adalah sosok yang mampu menampung seluruh aspirasi masyarakat dan mengiplementasikannya dalam sebuah tindakan nyata dalam bentuk progres pembanguan untuk masa depan yang lebih baik. Jangan sampai Pilkada hanya menjadi ajang untuk mencari keuntungan semata oleh pihak-pihak tertentu atau pribadi kita sendiri. Jangan sampai kita mengubur dalam-dalam harapan tentang pembangaun dan perubahan masa depan yang lebih baik.

Sebab itu, disampaikan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalteng, Rahmad Handoko, bahwa hasil Pulkada sangat berpengaruh terhadap kehidupan individu di daerah karena hampir segala sesuatu yang terjadi di dalam masyarakat adalah dampak dari proses pengambilan kebijakan (legislasi), oleh karena itu kita penting berpartisipasi dalam proses pilkada. Selain untuk melaksanakan kedaulatan rakyat, serta menciptakan pemerintahan yang demokratis, akuntabel, transparan, berkualitas dan berintegitas juga untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk kita semua.

BACA JUGA:   Satgas Covid-19 Tindak 36 Pelanggar Prokes

Menurut Handoko, Pilkada tentunya menjadi tugas dan tanggungjawab semua pihak untuk mewujudkan yang sehat dan bertanggungjawab pada rakyat, pemuda adalah salah satu segmen penting dalam proses demokrasi Indonesia. Katanya, pemuda tidak boleh merasa tabu jika berbicara politik, justru pemuda memiliki posisi strategis dalam menetukan arah masa depan bangsa juga daerah.

“Pemuda tanpa politik adalah keniscayaan, karna pada hakikatnya gerakan yang dilakukan pemuda/mahasiswa adalah gerakan politik. Gerakan demontrasi masa atau penggiringan isu baik di media mainstream atau atau pun dimedia sosial seyogyanya adalah gerakan politik. Gerakan yang bertujuan menggalang kekuatan untuk mengubah arah kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat atau mendorong pemerintah atau pihak – pihak untuk membuat kebijakan yang berpihak kepada masyarakat,” tutur Rahmad Handoko Humat, 28 Februari 2020.

BACA JUGA:   Dinas PUPR Kalteng Distribusikan Bantuan Untuk Korban Banjir di Kalsel

Ia menilai bahwa peran para pemuda harusnya tidak hanya berkontribusi sebagai masyarakat yang memilik hak pilih. Tetapi para pemuda di Indonesia terkhusus Pemuda pemudi Kalteng harus lebih dari hanya sekadar pemilih aktif. Pemuda harus berkontribusi langsung secara aktif dalam dunia perpolitikan di Kalteng. Menurutnya, lewat proses dialektika pemuda bisa memberikan kontribusi dan pemikirannya bagi proses pilkada di Kalteng.

“Menyadari realitas itu dan untuk memberikan ruang bagi partisipasi politik pemuda Kalimantan Tengah, maka Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalimantan Tengah membuka ruang bagi pemuda berbicara dalam proses dialektika yang sehat, para pemuda diharapkan mampu menyampaikan gagasan-gagasan baru tentang sosok ideal bagi pemuda yang mampu untuk memimpin Kalimatan Tengah kedepan?” tanya Rahmad Handoko.

Rahmad Handoko menambahkan, jangan sampai perhelatan politik yang harusnya menjadi kegembiran bersama berubah menjadi peperangan abadi yang mengorbankan pertemanan dan kekeluargaan, harus nya kontestasi politik menjadi ajang bagi pemuda untuk menyampaikan gagasan dan pikiran nya untuk menghadirkan iklim politik yang menjadi kegembiraan bersama.

“Kita mengundang kawan-kawan Pemuda Kalteng untuk bersama memberi gagasan dan pandangannya bagi kemajuan Kalteng kedepan,” tutup Rahmad Handoko.

(NA/ beritasampit.co.id)