Menghadapi Musim Kemarau, Pemkab Katingan Usulkan Tambah Sarana Ini

Berita Sampit
MUSIM KEMARAU : NAS/BS - Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang.

KASONGAN –  Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang menyampaikan bahwa  Pemerintah daerah Kabupaten Katingan saat ini terus berupaya menambah sarana dan prasarana baik itu berupa mobil pemadam, dan sarana pendukung lainnya di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan.

“Rencananya mungkin tahun ini juga kita adakan 1 unit mobil pemadaman, dan 2 unit alat berat Eksavator beserta alat berat Tronton untuk mengangkut Eksavatornya. Ini untuk kesiapsiagaan kita menghadapi musim kemarau tahun 2020 ini,” jelas Wakil Bupati Katingan, saat memimpin pelaksaan rapat koordinasi evaluasi dan penanggulangan bencana Kabupaten Katingan, di Aula kantor Bappeltibang Katingan, Kamis, 27 Februari 2020 kemarin.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun 2019 lalu, menurut Sunardi, kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di Kabupaten Katingan sangat sulit di padamkan, akhirnya pihaknya hanya membuat sekat bakar.

“Karena kita tidak mempunyai cukup peralatan yang memadai, pinjam sana, pinjam sini jadinya susah. Akhirnya untuk tahun ini harus berpikir untuk menambah sarana dan prasana yang kita miliki. Mudah-mudahan di setujui tahun ini,” ucapnya.

BACA JUGA:   Personel Itwasda Polda Kalteng Berbagi Takjil kepada Pengendara

Dirinya meminta, terkait penanggulangan bencana daerah dari semua pihak agar betul-betul serius melakukan penanggulangan bencana daerah salah satunya kebakaran hutan dan lahan.

“Karena apabila kebakaran ini tidak terkendali seperti tahun 2019 lalu, yang merasakan akibatnya tentu adalah kita semua. Kantor Bupati saja tahun kemarin hampir saja tidak kelihatan karena ada kebakaran gambut,” pungkasnya.

(nas/beritasampit.co.id)