Damkar Barsel, Musnahkan Sarang Tawon di Dua Tempat Berbeda

Berita Sampit
Ist/BS - Damkar Barsel, saat menangani sarang tawon di Kantor Kejari dan Kantor Bupati Barsel.

BUNTOK – Dalam langkah mengantisipasi keselamatan warga sekitar dari gigitan tawon, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) musnahkan sarang tawon di dua tempat yang berbeda di kota Buntok.

Pertama, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Buntok (Kejari) dan di halaman Kantor Bupati Barito Selatan, Sabtu, 29 Februari 2020 sekitar pukul 20.36 WIB.

Kabid Damkar Piad Jond kepada beritasampit.co.id disela-sela kegiatan pemusnahan sarang tawon di halaman Kantor Bupati Barsel mengatakan, pemusnahan dua sarang tawon di dua lokasi yang berbeda tersebut dilakukan karena keberadaan sarang tawon sangat membahayakan bagi warga sekitar serta para pegawai yang bekerja.

Berita Sampit
Ist/BS – Petugas Pemadam kebakaran Barito Selatan memanjat pohon untuk memusnahkan sarang Tawon.

Dikatakan Piad Jond, keberadaan sarang tawon tersebut pertama kali diinformasikan oleh pegawai Kejari Buntok sekitar pukul 12.00 WIB yang meminta Damkar Barsel untuk mengevakuasi keberadaan sarang tawon yang bersarang disebuah pohon tepatnya di halaman kantor Kejari Buntok.

BACA JUGA:   14.680 Dosis Vaksin Covid-19 Sudah Sampai di Kalteng

“Setelah mendapatkan informasi tersebut, sekitar pukul 13.00 WIB anggota Damkar Barsel langsung cek ke lokasi tempat tawon tersebut bersarang karena berkaitan dengan peralatan-peralatan apa saja yang akan kita gunakan pada saat evakuasi,” katanya.

Dijelaskannya, evakuasi sarang tawon yang berada di pohon tepatnya di halaman Kantor Kejari Buntok tersebut dilakukan pada malam hari sekitar pukul 20.36 WIB, evakuasi tersebut berjalan sekitar 40 menit tanpa ada kendala.

“Dalam evakuasi sarang tawon, di halaman kantor Kejari Buntok, kita juga  didampingi oleh anggota Satlantas Polres Barsel yang mengamankan jalan raya pada saat evakuasi sarang tawon tersebut,”beber Piad John.

Setelah selesai, mengevakuasi sarang tawon di halaman Kantor Kejari Buntok anggota Damkar Barsel kembali melanjutkan penanganan dua sarang tawon yang berada di pohon mahoni tepatnya di halaman Kantor Bupati Barsel.

“Dalam pengananan sarang tawon, yang berada di halaman Kantor Bupati Barsel tersebut berjalan sekitar 30 menit dan tidak ada kendala,”terang Piad Jond.

BACA JUGA:   Tim Relawan Kalteng Akan Fokus Dua Titik Bantu Korban Banjir Kalsel

Lebih lanjut Kabid Damkar Barsel Piad Jond menambahkan, bersarangnya tawon-tawon tersebut kemungkinan besar dikarenakan lingkungan kantor yang rimbun dengan adanya tanaman hias.

“Sehingga, membuat tawon merasa nyaman untuk bersarang di tempat tersebut,”ujarnya.

Selain itu ia juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat kota buntok dan sekitarnya apabila mengetahuai adanya sarang tawon baik yang berada di dalam rumah, berada diatas pohon dekat halaman rumah maupun berada di area perkantoran. Agar segera menghubungi Damkar Barsel.

Damkar Barsel juga siap melakukan evakuasi termasuk mengevakuasi ular karena hal tersebut juga merupakan salah satu tugas, selain memadamkan api.

“Adapun nomor, yang bisa dihubungi bila dalam keadaan darurat misalkan terjadi kebakaran maupun penanganan sarang tawon dan ular adalah 0525-21047,”tukas Piad Jond.

(ded/beritasampit.co.id)