Pemancing Asal Perigi ‘Strike’ Ikan Senilai 2 Juta Rupiah

Istimewa. Agus Suherman saat menjukan hasil tangkapannya.

PANGANDARAN – Baru-baru ini kabar menghebohkan terdengar dari seorang pemancing asal Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pemancing bernama Agus Suherman alias Cile (38), warga Parigi yang beruntung mendapatkan dua ekor ikan marlin hitam.

Bobotnya masing-masing sekitar 50 kilogram. Ikan marlin termasuk diidamkan para nelayan atau pemancing.

Selain harganya yang cukup mahal, sensasi ‘strike’ ikan jenis ini sanggup memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Tak heran jika kabar ini viral dan bikin heboh di kalangan mancing mania Pangandaran serta sekitarnya.

BACA JUGA:   Pemuda Kotim Peduli Gelar Diskusi Virtual Bertajuk Politik dan Kepemudaan

Cile mengaku mendapatkan ikan itu di perairan Pantai Keusik Luhur, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Selain mendaratkan marlin, dia juga berhasil menangkap ikan tenggiri berukuran besar, masing-masing bobot 2 kilogram.

“Saya berangkat mancing Sabtu sore dengan menumpang perahu, bertiga kami berangkat. Semalaman di laut, baru Minggu sore menepi,” kata Cile, Minggu (1/3/2020).

Cile mengaku ini pengalaman pertamanya mendapat marlin. Tarik ulur joran saat menaklukkan ikan penjelajah samudera, menurut Cile berlangsung sekitar 30 menit. Lalu ikan ‘perenang cepat’ ini kehabisan tenaga.

BACA JUGA:   Bagian III: Perjalanan Umrah di Tengah Pandemi, Jemaah Tertahan di Mekkah Dengan Jaminan Kesehatan

Kini dua ekor ikan marlin itu dia jual seharga Rp 2 juta.

Terpisah Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran Fuad Husen menjelaskan ikan marlin diperbolehkan ditangkap oleh nelayan. Ikan marlin bukan ikan yang dilindungi.

“Sebenarnya yang ditangkap pemancing itu jenisnya marlin hitam, kalau ikon Pangandaran marlin biru. Harganya jauh lebih mahal,” kata Fuad.

Sumber : detik.com