Bupati Harap PPL Kader Pemuda Tani 3-5 Orang Setiap Tahun

IST/BS - Bupati Katingan Sakariyas saat membuka pertemuan penyuluhan teknis pertanian dan perikanan, di aula BPKAD Katingan.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, membuka kegiatan pembukaan pertemuan teknis penyuluhan pertanian dan perikanan se-Kabupaten Katingan tahun 2020, di aula kantor Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) kabupaten Katingan, Senin 2 Maret 2020.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan tersebut diikuti sebanyak 97 peserta terdiri dari kepala UPT, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Koordinator Penyuluh Kabupaten, penyuluh pertanian dan perikanan, THL TBPP dan THL POPT.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksin Covid-19 

Dalam kesempatan itu, Bupati Katingan berharap masing-masing Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dapat mengkaderkan pemuda tani 3-5 orang setiap tahun. Hal ini, katanya, dimaksudkan agar terjamin keberlanjutan pembangunan pertanian di kelompok-kelompok tani dan pedesaan umumnya.

“Kemudian, ada beberapa hal yang menjadi harapan saya, yaitu agar pertemuan teknis penyuluhan diharapkan menghasilkan keluaran berupa persepsi dan gerak langkah yang sama dalam membangun pertanian dan perikanan yang benar-benar terpadu dari seluruh komponen atau sektor bidang yang mendukung pembangunan,” jelasnya.

BACA JUGA:   Tahun 2021, Ada 46 Desa di Katingan akan Pilkades

Kemudian, terjadi perubahan paradigma di bidang pembangunan pertanian dan perikanan sesuai tuntuan reformasi dan otonomi daerah, sehingga pembangunan pertanian kedepan benar-benar berorientasi agribisnis.

“Dan kepada para peserta pertemuan teknis penyuluh agar bekerja sama dengan baik dan sungguh-sungguh mendukung dan melaksanakan program pemerintah di terwujudnya kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan,” pungkasnya. (Nas/beritasampit.co.id).