Dinkes Lamandau Gencar Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

Berita Sampit
CEGAH : Ist/BS - RSUD Lamandau saat melakukan simulasi penanganan pasien yang terdeksi virus korona beberapa hari yang lalu.

NANGA BULIK – Sebagai langkah antisipasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar melakukan sosialisasi tentang bahaya dan gejala virus corona, juga telah membentuk Tim Penanggulangan Virus Corona.

Disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamandau, Friaraiyatini melalui Kabid Bidang Penindakan dan  Pencegahan penyakit, Ahmad Alfian ketika dikonfirmasi. Selasa, 3 Maret 2020.

“Ada berapa langkah yang kami laksanakan diantaranya membentuk tim penanggulangan virus corona di RSUD Lamandau,” Jelasnya.

Lanjutnya, kita sudah mensosialisasikan kepada para tenaga medis di puskesmas, pustu dan polindes tentang apa saja gejala yang timbulkan seseorang jika terinfeksi virus corona, dan tim bisa ada penanggulangan virus corona.

BACA JUGA:   Operasi Aman Nusa II Kawal Pendistribusian 1.360 Vial Vaksin Covid-19

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) misalnya dengan mencuci tangan menggunakan sabun,” ungkapnya.

Yang tidak kalah pentingnya, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjadi salah satu upaya menjaga diri dan keluarga dari virus corona.

Hal serupa juga disampaikan Kasie Pencegahan Penyakit Menular, Yuliance. Menurutnya, peran serta masyarakat dalam berperilaku hidup sehat juga menjadi hal yang harus dilakukan dalam rangka mencegah virus corona.

BACA JUGA:   Ketua MPR Resmi Daftar Calon Ketua Umum IMI 2020-2024

“Misalnya, mengurangi kontak dengan orang yang terkena flu, sering cuci tangan pakai sabun, konsumsi gizi seimbang, hati-hati kontak dengan hewan, rutin berolahraga dan istirahat cukup, jangan konsumsi daging yang belum dimasak, serta apabila mengalami batuk pilek dan sesak nafas segera periksa ke fasilitas kesehatan,” terangnya.

Karena, imbuh dia, gejala klinis akibat serangan virus corona hampir sama dengan flu biasa seperti demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, gangguan tenggorokan, dan badan letih lesu.

(Andre/beritasampit.co.id)