Efek Virus Corona, Harga Emas Melambung Tinggi

Berita Sampit
HARGA NAIK : JMY/BS - efek dari virus corona, harga emas mengalami kenaikan. meski demikian, minat masyarakat alam menjual maupun membeli emas masih stabil.

SAMPIT – Harga emas di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melambung akibat efek virus corona. Harga emas saat ini mencapai harga tertinggi yakni Rp. 730.000 per gram pada jenis emas 999.

Hal itu disebutkan oleh H Sani, salah satu pemilik toko emas Mitra Baru di Pusat Perbelanjaan Mentaya Jalan Iskandar, bahwa emas 999 atau emas Amerika yang digemari masyarakat sangat berpengaruh pada emas lainnya.

“Selain emas tersebut, emas batangan pun turut mengalami kenaikan akibat efek virus corona. Tidak pernah mengalami kenaikan setinggi ini, tapi sejak adanya kabar virus corona. Nilai tukar rupiah naik yang berimbas pada naiknya harga emas,” kata H Sani disela-sela melayani pembeli, Selasa, 3 Maret 2020.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Telah Mengusulkan Tahura Kepada Kementerian LHK RI

”Meski harga emas naik turun, jual beli masyarakat terhadap emas tidak ada perubahan,” ungkapnya.

Tak hanya emas amerika, emas batangan pun masih diminati oleh masyarakat walaupun harganya naik.

“Emas batangan ada yang menjual bisa dengan harga Rp 730 ribu per gram nya sama dengan emas 999, kalau ada yang membeli harga nya menjadi Rp 800 ribu per gram,” tandasnya.

Sedangkan untuk harga jenis emas lainnya juga mengikuti naik turunnya harga emas 999, yaitu untuk harga emas 730 atau emas putih Rp 650 ribu per gram, emas 700 atau emas Singapure Rp 560 ribu per gram, emas 420 Rp 370 ribu per gram dan emas 375 Rp 340 ribu per gram.

BACA JUGA:   Kapolda Kalteng Harap Personel Lebih Siap dan Sigap Jika Dibutuhkan Negara

Semua emas mengalami kenaikan berkisar dari Rp 20.000 hingga Rp. 30.000  per gramnya untuk yang jenis perhiasan. sedangkan jenis antam atau batangan semakin besar batangannya maka semakin murah harganya dan kalau kecil akan semakin besar harganya karena ada biaya untuk membuatnya.

Sedangkan untuk harga antam pada pegadaian yang terlihat di situs online yaitu Rp 824 ribu per gram nya. Ini merupakan harga standar dari pegadaian yang di update pada tanggal 3 Maret 2020.

(jmy/beritasampit.co.id)