PLN Mendawai Jangan PHP Soal Listrik akan Normal Kembali

IST/BS - Suasana perbaikan alat pembakit listrik di Mendawai, belum lama ini.

KASONGAN – Sejumlah masyarakat dan lembaga pendidikan di kecamatan Mendawai dan beberapa desa di Katingan Kuala Kabupaten Katingan menyambut baik statemen pengelola PLN Mendawai akan janjinya listrik akan kembali normal.

Mengingat pemadaman bergilir yang selama ini terus berlangsung sejak akhir tahun 2019 lalu itu sudah membuat kegalauan masyarakat di wilayah itu.

Seperti halnya yang diungkapkan Kepala SMAN-2 Katingan Kuala Asep Kurniadi Karnaprawira, dirinya berharap apa yang dikatakan oleh Koordinator Uld PLN Mendawai itu benar adanya.

“Mudah-mudahan infonya tepat, karena gangguan listrik ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 kemarin,” terang Asep yang juga mantan pengurus Kwarcab. kabupaten Katingan ini.

Mengingat, ke depan banyak kegiatan lembaga pendidikan yang berhubungan dengan listrik seperti UNBK dan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Selain itu, hal senada juga diungkapkan Kepala SMPN 4 Katingan Kuala, Moh Anis Romzi, ia juga berharap apa yang menjadi janji pihak pengelola PLN Mendawai soal listrik akan normal kembali itu bukanlah sebuah harapan palsu bagi masyarakat setempat.

“Kita berharap ini bukan PHP (Pemberi Harapan Palsu, red) yang sengaja dilontarkan pihak PLN untuk menghibur masyarakat,” terang Anis.

Ditambahkannya, keberadaan listrik hidup tanpa pemadaman bergilir itu sangat diharapkan sekali oleh masyarakat.

Karena sudah beberapa bulan ini listrik terus terjadi pemadaman bergilir yang tidak jelas ujungnya. Bahkan, katanya, sempat tidak sesuai dengan jadwal pemadaman.

Seperti diberitakan sebelumnya, polemik pemadaman bergilir untuk wilayah PLN di kecamatan Mendawai dan beberapa desa di kecamatan Katingan Kuala mulai terlihat titik terang.

Hal itu karena mesin rekondisi berkapasitas daya 500 Kva sudah datang dan siap beroperasi. Demikian diungkapkan koordinator Uld Mendawai, Mukar.

“Mesin ginset kita yang berkapasitas daya 500 Kva sudah datang. Insya Allah kita perkirakan setengah bulan lagi PLN akan kembali hidup normal,” jelas Mukar.

Begitu juga terhadap tanggapan senator Katingan diberita sebelumnya, Anggota DPRD Katingan Dapil II Budy Hermanto merasa prihatin terhadap sarana dan prasarana di wilayah selatan Katingan seperti terjadinya pemadaman bergilir sampai berbulan-bulan.

Sehingga pihaknya meminta kepada penyedia layanan penerangan agar secepatnya bisa berkomunikasi dengan pimpinan diatasnya supaya masalah pemadaman bergilir itu bisa teratasi dengan cepat, jangan sampai apa yg menjadi kendala dibiarkan terus menerus.

(muy/beritasampit.co.id).