Cegah Virus Corona, Ini Imbauan Dokter

IST/BERITA SAMPIT - dr Erry Eryansyah, Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kobar.

PANGKALAN BUN – Anggota Komisi A DPRD Kotawaringin Barat (Kobar), dokter Erry Eryansyah mengimbau kepada masyarakat tidak panik menghadapi informasi tentang virus Corona (Covin-19).

Bahkan, ia sarankan jangan terlalu memborong masker dengan alasan untuk pencegahan tertularnya virus mematikan tersebut. Sebab menurut dr Erry, kasus virus Corona sangat mirip dengan kasus flu biasa. Untuk penggunaan masker kata dia, diperlukan bagi mereka yang menderita sakit, agar si penderita tidak menularkan penyakitnya kepada orang sehat.

BACA JUGA:   Bupati Kobar Larang Perayaan Malam Tahun Baru

“Contohnya penderita flu like syndrome. Tujuannya untuk menahan lendir atau cairan yang keluar saat bersin atau batuk, sehingga tidak menyebar ke udara,” kata dr Erry saat dikonfirmasi awak media beritasampit.co.id melalui seluler, Rabu 4 Maret 2020.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bila ada orang yang sehat namun memakai masker dengan alasan pencegahan terpapar flu atau terkena virus corona, menurutnya tidak ada pengaruhnya.

“Virus bisa tetap tembus walaupun kita memakai masker. Cara pencegahan tertular penyakit mirip flu seperti Corona. Salah satunya yaitu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Sekda Kobar, Siap Jadi Orang Pertama Dari Jajaran ASN yang Disuntik Vaksin Covid-19

Ia juga berharap kepada seluruh warga masyarakat, untuk tidak panik menghadapi informasi penyebaran virus Corona yang saat ini sedang gencar di tayang diberbagai media.

“Juga jangan percaya kepada informasi yang berbau hoax, ikuti saran dan petunjuk dari pemerintah daerah, cq Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar,” terang dr Erry Eryansyah. (Man/beritasampit.co.id).