Pendaftar PPS Pilkada Kalteng Melebihi Target

TES TERTULIS : MAN/BERITA SAMPIT - Para calon Anggota PPS tingkat Desa/Kelurahan saat mengikuti tes tertulis yang digelar KPU Kobar di kantor Kecamatan Kumai, Rabu 4 Maret 2020.

PANGKALAN BUN – Pelamar calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Tengah (Kalteng) yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur tahun 2020 tingkat Desa di Kotawaringin Barat (Kobar) melebihi dari target.

Tercatat, 581 orang mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan oleh KPU Kobar di Aula kantor Kecamatan Kumai, Rabu 4 Maret 2020. Sedangkan jumlah anggota PPS yang ditargetkan hanya 282 orang.

“Memang perhatian untuk menjadi calon PPS tingkat desa, dari masyarakat Kabupaten Kobar luar biasa, dan para pesertanya kebanyakan kaum milenial, masih muda-muda,” kata Chaidir Ketua KPU Kobar saat diwawancara awak media beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   Kondisi Terus Membaik, Bupati Kobar : Jangan Remehkan Covid-19

Disampaikan Chaidir, dari banyaknya jumlah peserta yang mengikuti tes, hasil tesnya akan diseleksi menjadi 282 orang. Karena setiap Desa dan Kelurahan akan ditempatkan masing-masing 3 orang anggota PPS.

“Di Kabupaten Kobar jumlah Desa dan Kelurahan ada 94 kali 3 petugas jadi jumlah yang dibutuhkan 282 anggota PPS,” ujar Chaidir di Kantor Kecamatan Kumai.

BACA JUGA:   Kardianto, ST Komandan Brigade BATAMAD Kobar: Tolak Kelompok Radikal yang Mengacaukan Keutuhan NKRI

Ia juga menjelaskan, bahwa penempatan 3 orang anggota PPS disetiap Desa dan Kelurahan, berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (Man/beritasampit.co.id).