Pertanian Jadi Sektor Andalan, Ini Harapan Bupati

PANEN RAYA : NAS/BS - Bupati Katingan Sakariyas didampingi istrinya, bersama sejumlah pejabat saat hadiri panen raya, di desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, Rabu, 4 Maret 2020.

KASONGAN – Pemerintah kini menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional untuk mewujudkan swasembada pangan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Katingan yang menjadikan pertanian sebagai salah satu sektor andalan dalam pembangunan, sesuai dengan misi meningkatkan perekonomian yang berdaya saing dan kemandirian pangan.

Sehingga, dengan memposisikan pertanian sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan tentu saja diperlukan teknologi yang tepat guna. Inovasi teknologi pertanian merupakan suatu keharusan untuk memacu peningkatan produksi, produktivitas dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing.

Demikian disampaikan Bupati Katingan Sakariyas yang didampingi istrinya Daurwaty Sakariyas dalam pelaksanaan syukuran Panen Raya di Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, Rabu 4 Maret 2020.

“Saya berharap kegiatan panen raya Desa Subur Indah ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat petani di Kabupaten Katingan terutama untuk peningkatan produksi padi. Sektor pertanian diharapkan menjadi salah satu andalan Kabupaten Katingan sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat,” jelasnya

BACA JUGA:   DPRD Katingan Minta Pemkab Kaji Ulang Sekolah Tatap Muka Dimasa Pandemi Covid-19

Sebab itu, mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini menganjurkan pada petani agar senantiasa meningkatkan produksi padi melalui penerapan teknologi tepat guna melalui bimbingan para penyuluh.

Pasalnya, Sekarang ini petani sudah sangat responsive terhadap teknologi, karena perkembangan zaman dan era globalisasi, dimana teknologi informasi (IT) sudah merambah ke pelosok desa. Sehingga hal tersebut menjadi apresiasi bersama karena petani di Desa Subur Indah telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksl dan produktivitas padi di Kabupaten Katingan.

“Saya menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih kepada para petani di Desa Subur Indah ini, dan umumnya petani di Bumi Penyang Hinje Simpei yang telah berhasil memetik jerih payahnya meIaIui panen padi yang melimpah. Semoga usaha tani yang dilakukan di desa ini selalu sukses dan lebih maju, sehingga pendapatan dan kesejahteraan petani semakin meningkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Katingan Kuala, H Surianto, mengatakan pada musim panen di bulan Maret ini di Kecamatan Katingan Kuala sudah mulai panen dan jumlah produksinya kurang lebih dari 21 ribu hektare, dengan hasil panen dalam 1 hektare kurang lebih menghasilkan 4 ton beras.

BACA JUGA:   Banjir Kalsel, MTS-N 2 Katingan Buka Posko Peduli

“Untuk bulan maret ini kita mulai panen dengan jumlah produksinya kurang lebih 21 hektare, untuk 1 hektare menghasilkan kurang lebih 4 ton beras. Kami dari kecamatan Katingan Kuala mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Katingan tertama Bupati Katingan dan rombongan sudah hadir pada saat ini,” singkatnya.

Turut hadir saat panen raya, yakni Kepala Divisi pengadaan Barang dan Jasa Bulog Pusat Slamet Zaini, Pemimpin wilayah Bulog Kalteng Mika Ramba Kendenan, Pihak swasta penyedia pupuk Zaki, Kepala Pertanian, Pangan dan Perikanan Katingan Yossy, anggota DPRD Katingan Endang Susilawatie, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Badan Pusat Statistik Katingan, Kapolsek Kecamatan Katingan Kuala, Danramil Kecamatan Katingan Kuala, Camat Katingan Kuala, Kepala Desa Subur Indah, Para Petani di Desa Subur Indah. (Nas/beritasampit.co.id).