PT AUS Komitmen Bantu Perbaiki Jalan, Besok Alat Berat Diturunkan

IST/BERITA SAMPIT - Rahmadan (kiri kedua) bersama karyawan PT AUS, belum lama ini.

KASONGAN  – Kerusakan jalan di Wilayah Kecamatan Tasik Payawan di beberapa desa seperti Trans Hiyang Bana jalan penghubung Desa Talingke dan Asem Kumbang akhirnya sedikit mendapat titik terang.

Sebelumnya anggota DPRD Katingan Budy Hermanto meminta ke pihak kecamatan untuk menyurati pihak perusahaan yang beraktivitas di kecamatan Tasik Payawan agar bisa membantu memperbaiki jalan yang rusak tersebut.

“Beberapa waktu yang lalau saya meminta bantu Plt Camat Tasik Payawan agar bisa menyurati pihak PT AUS, agar bisa membantu menurunkan alat berat dan bisa sekaligus ikut menangani jalan yang rusak parah itu sementara pemerintah kabupaten menangani melalui anggaran 2020 ini,” jelas Budy Hermanto, belum lama ini.

Menanggapi hal itu pihak perusahan melalui Project Development Publik Affair (PDPA) PT Arjuna Utama Sawit (AUS) Rahmadan mengatakan pihaknya komitmen membantu pemerintah daerah dalam menangani persoalan jalan.

BACA JUGA:   Seorang Pengendara Motor di Katingan Diduga Jadi Korban Tabrak Lari Truk Bermuatan

“Kita komitmen bantu pemerintah daerah menangani jalan yang rusak ini, paling lambat Jumat, 06 Maret 2020, besok sore alat berat kami sudah menuju lokasi jalan yang akan diperbaiki,” jelasnya. Kamis, 06 Februari 2020.

Rahmadan juga mengungkapan alasan keterlambat pihaknya menurunkan alat berat, lantaran terjadinya kerusakan di mesin yang pihaknya miliki.

“Kemaren itu ada kerusukan dinomo stater dan hari ini baru datang dari Palangka Raya dan besok sudah siap dioperasikan kembali,” terangnya.

Ia juga menjelaskan tahap awal pihaknya akan melakukan pembersihkan parit jalan, hal ini dilakukan karena debit air sudah terlalu tinggi dan harus segera dilakukan pembersihan saluran pembungan air.

BACA JUGA:   Bocah 5 Tahun Meninggal Dunia Diduga Akibat Salah Tembak

“Kita sudah membentuk tim untuk menangani persoalan kerusakan jalan ini dan hasilnya survey dari tim, kami melaporkan hasil analisa ke direksi di jakarta bahwa penanganan jalan itu pertama harus dilakukan pembersihan parit, kemudian baru penimbunan,” bebernya.

Pembersihan sisi parit ini sementara akan dilakukan di dua titik, yaitu Sungai Cempaga  den parit di Hiyang Bana.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa untuk membantu komunikasi dengan warga terkait pembersih parit ini, pasalnya ini semua merupakan kepentingan kita bersama,”  lanjut Rahmadan.

Kemudian ia kembali menegaskan bahwa PT AUS berkomitmen membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan persoalan jalan.

“PT Arjuna berkomitmen untuk segera membantu perbaikan jalan tersebut hingga dapat kembali layak digunakan,” tegasnya.

(Kawit/Beritasampit.co.id)