Walikota Palangka Praktik Langsung Pemijahan Ikan Jelawat

PEMIJAHAN: GRA/BS-Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mempraktikkan  langsung pemijahan ikan jelawat dengan cara menyuntikan hormon perangsang ke induk ikan.

PALANGKA RAYA-Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melakukan panen perdana ikan patin di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan Kelurahan Banturung, Bukit Batu, Palangka Raya, Kamis (5/3/2020) siang.

Dalam rangkayan kegiatan tersebut, Walikota mempraktikkan langsung cara pemijahan ikan jelawat dengan menyuntikan hormon perangsang. Setelah disuntik hormon perangsang, dalam waktu 24 jam induk ikan akan bertelur.

BACA JUGA:   Tim Gugus Covid-19 Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Sejumlah Tempat

Walikota kepada wartawan mengungkapkan, dengan dimaksimalkannya UPTD Perikanan ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap pasokan dari luar daerah.

“Apa yang sudah dilakukan ini tentu masih ada kekurangan-kekurangannya. Tetapi kita secara perlahan akan memaksimal fungsi dari UPTD ini,” jelas Walikota dengan di dampingi Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

Ditanya kesiapan kota sebagai pemasok ikan air tawar untuk daerah lain. Walikota mengatakan selain mempersiapkan sarana dan sarana yang memadai, juga kesiapan masalah pakan.

BACA JUGA:   Disiplin Protokol Kesehatan Jangan Sampai Mengurangi Partisipasi Memilih

“Kita ingin menyediakan pakan yang tidak terlalu mahal. Dulu pernah dicoba dengan mengolah sendiri, kebetulan ada pabrik pengolahan pakan, tetapi terlalu mahal biaya produksinya,” jawab Fairid.

(gra/beritasampit.co.id)