Desa Strategis Ini Kerap Terjadi Tindak Kejahatan, Ternyata Ini Masalahnya

IST/BERITA SAMPIT - Tamel, Kepala Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN – Tindak kejahatan kerap terjadi di wilayah Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Barat, khususnya disekitar jalan Raya Pasir Panjang menuju arah Kumai. Bentuk kejahatan yang dilakukan mulai kasus narkoba sampai aksi begal dan jambret maupun kasus pencurian.

Tamel Kepala Desa Pasir Panjang, mengakui di desanya memang sering dimanfaatkan sejumlah orang tertentu untuk melakukan kejahatan, “Menurut saya para pelaku memanfaatkan situasi kondisi di jalan yang penerangan jalannya tidak nyala. Karena banyak lampu penerangan jalan yang padam,” jelasnya saat dikonfirmasi Jumat, 6 Maret 2020.

Sebab itu, ia berharap kepada Dinas atau Instansi terkait untuk bisa memantau ruas-ruas jalan yang lampu penerangnya padam di malam hari. Sekaligus, kata dia, untuk melihat langsung ke beberapa poros jalan desa yang belum dipasang tiang listrik untuk menerangi jalan desa tersebut.

BACA JUGA:   Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Kobar Diperpanjang Hingga 1 Februari 2021

Diakui Tamel, kini di wilayah desanya sedang berkembang sejumlah komplek perumahan, karena desa yang berada di pinggiran Kota Pangkalan Bun itu dinilai sebagai salah satu desa strategis, “Bahkan memiliki Kantor Dinas lebih dari 7 kantor, jadi saat ini banyak dibidik oleh para pengembang perumahan,” tuturnya.

Terpisah, Suratman Anggota DPRD Kobar, warga Komplek Perumahan yang juga Ketua RT 8 Beringin Rindang Desa Pasir Panjang itu, mendukung apa yang dihimbau Kepala Desa Pasir Panjang tersebut.

BACA JUGA:   Dua Buah Mobil Terlibat Kecelakaan di Bundaran Pancasila Pangkalan Bun

“Untuk masalah lampu penerangan yang kurang memadai di Desa Pasir Panjang, itu menjadi prioritas dan harus segera ditindak lanjuti oleh Bagian Ekbang di Pemda Kobar,” kata Suratman saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Jumat, 6 Maret 2020.

Menurut politisi PAN itu, untuk meningkatkan keamanan di seputar jalan Raya Desa Pasir Panjang arah Kumai itu, segera dibangun Posko Kemanan, “Kalau memang sudah ada Posko Keamanan, segera bentuk siskamling secara bergiliran memanfaatkan posko yang ada,” imbuh Suratman (Man/beritasampit.co.id).