3 Rempah-Rempah Asli Indonesia Mampu Menangkal Virus Corona

Berita Sampit
Ilustrasi/BERITA SAMPIT - Rempah-Rempah asli Indoneis Jahe, Kunyit, Temu Lawak, bermanfaat menangkal Virus Corona.

JANGAN PANIK, kalau mendengar semakin berkembangnya wabah virus corona di beberapa Negara. Jangan khawatir jika kita semua bisa menjaga kesehatan dengan baik dan benar maka kita dapat menghindari virus corona tersebut.

Sebab menjaga kesehatan itu dimulai dari diri kita sendiri, antara lain dengan membiasakan memakan rempah-rempah seperti Jahe, Kunyit dan Temulawak.

800

Karena ke 3 jenis rempah-rempahan asli Indonesia tersebut menurut Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga (UNAIR) Chaerul Anwar Nidom, yang ditayangkan di beberapa TV swasta, termasuk di media online mengatakan dipercaya bisa menangkal virus corona.

Jadi kita semua jangan panik menghadapi berbagai informasi seputar semakin merebaknya virus corona. Karena dari hasil riset yang telah dilakukan, tim Biologi Molekuler Unair, bahwa  ketiga curcurma (sari rempah-rempah) kalau dikonsumsi untuk makanan manusia bisa mencegah terjangkit nya virus corona.

BACA JUGA:   Jubir Achmad Rois Benarkan Dua Penjabat di Kobar Positif Baru Covid-19

Lanjut Nidom, menyebutkan rempah jenis Jahe dapat menangkap virus corona. “Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal virus corona. Kita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak,” kata  Nidom, seperti dilansit Merdeka.com.

Selain jahe,kata Nidom juga Kunyit yang mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan komponen penting dalam kunyit yang memberikan warna kuning yang khas.

“Kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu penyembuhan beberapa masalah kesehatan seperti maag, perut kembung hingga nyeri haid. Selain itu, kunyit juga dipercaya dapat menangkal virus corona”,ujarnya.

BACA JUGA:   BMKG  Barsel : Curah Hujan di Kecamatan Dusel dan GBA Kategori Tinggi

Ketiga jenis rempah Temulawak, dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Temulawak mengandung kurkumin 1,60 % – 2,20 %. Selain kurkumin, temulawak juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, karbohidrat, kalsium dan banyak lagi.

Temulawak memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti sebagai antioksidan, menambah nafsu makan, mengatasi mual, hingga membantu proses metabolisme tubuh.

Selain manfaat tersebut, Guru Besar Biologi Molekuler Unair Chaerul Anwar Nidom menemukan manfaat lain dari temulawak, yaitu dapat membantu menangkal virus corona.

(Maman Wiharja)