Dewan Dorong Pemkab Fokus Kembangkan Objek Wisata di Katingan

IST/BERITA SAMPIT - Rudi Hartono beserja anggota DPRD lainya saat menggunakan perahu menyusuri keindahan sungai Katingan, belum lama ini.

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Rudy Hartono mendorong pemerintah daerah melalui instansi terkait fokus mengelola potensi wisata dalam meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pengelolaan tempat wisata yang serius di Kabupaten Katingan, sebenarnya dapat menjadi tambahan PAD yang cukup besar,” ucap Rudi Hartono dengan beritasampit.co.id. Sabtu, 7 Maret 2020.

Kabupaten Katingan memang memiliki banyak tempat objek wisata yang sangat menjanjikan, seperti Kebun Raya, Rumah Betang Katingan di Tumbang Manggu, Danau Bulat di Desa Jahanjang, wisata bukit batu, Bukit Bulan di Kecamatan Mendawai, dan Air terjun Habongai serta potensi alam lainya yang belum digali.

BACA JUGA:   Dukcapil Katingan Terus Maksimalkan Kepengurusan KIA

Namun sayangnya, penggarapan objek-objek wisata tersebut masih belum dilakukan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui instansi teknis.

“Padahal dengan menggali potensi ini akan menjadi lapangan usaha bagi masyarakat,” tegas Ketua Komisi II ini.

Ia berharap pengembang dibadang wisata dapat terus didorong dan dikembangkan sehingga menjadi salah satu penyumbang PAD yang nanti juga berdampak untuk pembangunan daerah.

BACA JUGA:   Organisasi Wanita Islam Katingan Siap Bantu Kaum Perempuan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Pemerintah daerah juga telah mengusulkan sembilan (9) buah rancangan peraturan daerah (Perda), dua (2) diantarnya tentang lingkungan, yaitu pertama Raperda tentang penyelenggaraan usaha kepariwisataan dan Raperda perlindungan flora dan fauna yang akan segara dibahas di DPRD Katingan.

(Kawit/Beritasampit.co.id)