Dinkes Bantah Isu Virus Corona Masuk Pulpis

Ahmad/BERITA SAMPIT -dr Muliyanto Budihardjo

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memastikan belum ada pasien di RSUD ataupun masyarakat Pulang Pisau yang terjangkit corona.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pulpis dr Mulyanto menanggapi isu virus corona yang saat ini ada disekitar Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir Pulpis.

“Sudah kami check sampai hari ini tidak ada masyarakat atau karyawan perusahaan yang dirujuk dan dirawat bahkan berobat ke RS dan Puskesmas wilayah kita apalagi terjangkit virus corona,” ujar dr Mul sapaan akrabnya. Sabtu, 06 Maret 2020.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Turunkan 203 Personel Dalam Pengamanan TPS

Ia meminta Masyarakat tidak perlu panik, dan tetap dengan menerapkan pola hidup Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

Kemudian, konsumsi makan yang bergizi dan perbanyak makan buah serta sayur dan selalu rajin olahraga serta istirahat yang cukup, jaga kebersihan lingkungan, makan makanan yang dimasak dengan sempurna.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di daerah setempat untuk tetap tenang dan tidak panik menanggapi Covid 19 atau virus Corona.

BACA JUGA:   Dokumen Persiapan Provinsi Kotawaringin Diterima Gubernur Kalteng

Namun demikian masyarakat diminta harus tetap waspada dan selalu menjaga daya tahan tubuh dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat, gunakan masker apabila batuk atau flu.

“Petugas kesehatan akan terus memantau perkembangan di Masyarakat sebagai langkah antisipasi. Namun yang paling utama pola hidup bersih dari masyarakat harus terjaga,” tutupnya.

(Ahd/beritasampit.co.id)