Pimpinan MPR Minta Pemerintah Koordinasi dengan Media Massa Terkait Pemberitaan Corona

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Dok: Istimewa

JAKARTA— Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid meminta semua instansi pemerintah berkoordinasi dengan media massa yang memiliki kredibilitas dalam pemberitaan untuk menyebarkan informasi akurat terkait wabah virus corona (covid-19) di Indonesia.

Langkah itu, kata Jazilul untuk menangkal informasi hoaks yang marak beredar seputar penyebaran virus corona di masyarakat.

“Harus bertemu dengan seluruh media, sehingga pemberitaan terkait corona ini bisa lebih terkoordinasi,” ujar Jazilul, Sabtu, (7/3/2020).

BACA JUGA:   Pimpinan MPR RI Dapat Amanat dari Ulama Jaksel untuk Terus Menolak RUU HIP

Selain itu, Jazilul bilang informasi yang akurat dan mencerahkan masyarakat mesti bersumber dari narasumber yang memiliki kapasitas, profesionalisme, kompetensi, pengalaman, kredibilitas, dan punya otoritas terkait dengan virus corona tersebut.

“Karena ada satu media, dianggap beritanya nggak jelas kan tentang corono,” kata Jazilul.

Dalam konteks itu, koordinasi pemerintah dan media dibutuhkan untuk melawan gelombang berita palsu dan disinformasi tentang Covid-19 yang kian meningkat dan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat tersebut.

BACA JUGA:   Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Percepat Uji Klinis Vaksin Covid-19

“Saya kira langkah koordinasi itu tepat dari pemerintah pusat dan daerah untuk melakukannya, sehingga bisa meredam kepanikan warga,” tutur Jazilul Fawaid.

(dis/beritasampit.co.id)