Festival Tingang Menteng Panunjung Tarung Resmi Dibuka

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat didampingi unsur forkopimda memukul katambung sebagai tanda dibukanya Festival Tingan Menteng Panunjung Tarung, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 214 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke 69 Pemkab Kapuas, Sabtu (7/3/2020) malam.

KUALA KAPUAS – Ditandai pemukulan Katambung, Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung resmi dibuka Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat, bertempat Gedung Olahraga (GOR) Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Sabtu (7/3/2020) malam.

Festival tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota ke 214 Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Ben Brahim mengapresiasi atas terselenggaranya festival tersebut karena mampu melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kapuas. Karenanya ia meminta kepada seluruh kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk ikut berpartisipasi dalam memeriahkan festival budaya tersebut.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

“Yang kita perlukan sekarang adalah bagaimana kita harus melestarikan budaya kita agar selalu dapat terjaga serta juga dapat dijadikan sebagai potensi pariwisata untuk mengembangkan Kabupaten Kapuas kedepannya,” ucap Ben.

Kemudian bupati ini mengharapkan agar pihak-pihak terkait dapat mengolah sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Kapuas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai objek pariwisata yang mana dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap kepada masing-masing kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk selalu mengembangkan kesenian budaya tarinya masing-masing agar Kabupaten Kapuas selalu dipenuhi dengan kesenian-kesenian yang beraneka ragam,” terang Ben.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Lanjut Ben, dengan memasuki usia Kabupaten Kapuas yang sudah 214 tahun ini, ia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga keberagaman dan kesenian serta ikut melestarikan kebudayaan daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas H Suparman menuturkan, dalam festival tersebut diisi dengan berbagai macam lomba diantaranya lomba tari pedalaman, lomba bagasing, balogo, lawang sakepeng dan juga lomba karungut dengan peserta yang berpartisipasi berasal hampir dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Kapuas. 

Untuk diketahui hadir dalam kegiatan tersebut unsur forkompimda, kepala OPD dan undangan.

(irfan/beritasampit.co.id)