Ketua MPR: Penimbun Masker Bertentangan dengan Nilai-nilai Pancasila

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dok: Istimewa

JAKARTA—  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan agar jangan ada lagi warga yang memanfaatkan penderitaan akibat wabah virus corona (Covid-19), dengan mencari keuntungan pribadi. Terutama melalui penimbunan masker maupun alat kesehatan lainnya.

Menurut Bamsoet, selain membuat masyarakat susah, tindakan mengambil keuntungan pribadi di atas penderitaan orang lain jelas bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Jika masih saja pihak yang menimbun masker, maka saya desak aparat kepolisian menindak tegas para pelaku tersebut,” tegas Bamsoet, Minggu, (8/3/2020).

Kendati demikian, politikus Golkar itu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan tak panik berlebihan. Apalagi sampai memborong berbagai sembako dan kebutuhan lainnya.

Banyak warga ramai menunjukkan foto antrian panjang di supermarket di berbagai daerah, terutama di Jakarta. Masyarakat mulai panic buying kebutuhan sehari-hari, masker, hand sanitizer hingga sembako diborong.

Namun, Mantan Ketua DPR RI itu bilang panic buying bukanlah solusi, malah menjadi pemicu munculnya masalah baru.

Pemerintah dalam hal ini sudah berupaya maksimal dalam menangani penyebaran dan pengobatan pasien korban Covid-19. Sudah ada 137 rumah sakit rujukan tersebar di 34 provinsi yang siap menangani pasien Covid-19.

“Sebagai warga, tugas utama kita dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, membantu saudara yang membutuhkan, serta saling menguatkan satu sama lain,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)