Kankemenag Harap Ujian Berbasis Komputer Disiasati Sebagai Ajang Persiapan Sumber Daya Umat

IST/BERITA SAMPIT - Kasi Pendidikan Islam, Hadriasyah (kiri depan) secara simbolis memasang kartu peserta ujian kepada siswa sebagai tanda resmi dibuka UAMBN-BK di MAN 1 Pulang Pisau, Senin 9 Maret 2020.

PULANG PISAU – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pulang Pisau melalui Kasi Pendidikan Islam, Hadriansyah membuka secara resmi kegiatan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tahun 2020 di MAN 1 Pulang Pisau.

Dalam sambutannya Hadriansyah menyampaikan, bahwa setelah bertahun-tahun pola pikir siswa Madrasah ditenun dengan materi Agama. Pola prilaku peserta didik Madrasah, katanya dipinang, dipintal oleh lingkungan pembelajaran yang syarat aktifitas keagamaan telah berjalan di MAN 1 Pulang Pisau.

Menurutnya, jika hal tersebut berjalan dengan baik maka secara alamiah siswa Madrasah akan tumbuh berkembang menjadi Agamawan yang ilmuan, dan ilmuan yang Agamawan artinya Ilmuan yang berlandaskan iman dan takwa.

“Oleh karena itu dituntut adanya kepentingan pemetaan mutu dan pengukuran hasil belajar peserta didik, salah satunya melalui UAMBN-BK tahun 2020 ini dan UAMBN-BK ini harus disiasati secara strategis sebagai ajang penyiapan sumber daya umat yang berkualitas,” tuturnya, Senin 9 Maret 2020.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Ia menambahkan, bahwa pelaksanaan UAMBN-BK sampai saat ini masih dianggap sebagai siklus tahunan, sehingga mutu pendidikan kurang diperhatikan, “Untuk itu saya berharap kepada praktisi pendidikan Madarasah khususnya yang ada di MAN 1 Pulang Pisau ini mampu merubah wajah UAMBN-BK ini dari sekedar proses manajemen menjadi sebuah startegis revolusi mental siswa berdimensi keumatan,” kata dia.

Hadriasyah berpesan kepada siswa-siswi MAN 1 Pulang Pisau, agar bersungguh-sungguh dan teliti pada saat mengerjakan soal dan berdoa kepada Allah SWT semoga dimudahkan segala sesuatunya, agar mendapatkan nilai yang maksimal dan memuaskan.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

“Karena hasil yang akan kalian dapatkan nantinya menjadi patokan bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan selanjutnya,” tuturnya.

Diketahui, tahun 2020 ini jumlah peserta UAMBN-BK di lingkungan Kemenag Kabupaten Pulang Pisau berjumlah 306 orang peserta yang terdiri dari jurusan IPA 128 orang dan IPS 178 orang peserta.

“Saya berharap dan kita semua berdoa semoga pelaksanaan kegiatan UAMBN-BK di tingkat Madrasah Aliyah tahun ini dapat berjalan dengan baik, sukses dan lancar, baik sukses dalam pelaksanaannya maupun sukses dengan hasilnya,” harapnya. (Ahd/beritasampit.co.id).