KPU Palangka Raya Wawancara Calon PPS

SELEKSI- Anggota KPU Palangka Raya, Syairi Abdullah (kanan) saat menyeleksi calon PPS

PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya melakukan seleksi wawancara terhadap calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Palangka Raya. Seleksi wawancara dipusatkan di Kantor Kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya.

Anggota KPU Kota Palangka Raya, Syairi Abdullah kepada beritasampit.co.id mengatakan kalau seleksi wawancara merupakan salah satu tahapan dalam perekrutan Anggota PPS. “PPS itu penyelenggara pemilu tingkat kelurahan atau desa, dan hari ini kita melakukan wawancara untuk mendapatkan penyelenggara yang berintegritas,” kata Syairi.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Musnahkan Barang Bukti Narkotika Sitaan dari Tersangka di Empat Wilayah Kabupaten/Kota

Syairi menjelaskan kalau sebelumnya juga sudah dilakukan seleksi tertulis untuk menjaring hingga enam orang tiap kelurahan atau desa. Setelah itu seleksi wawancara untuk menetapkan tiga orang tiap kelurahan atau desa.

Untuk seleksi kata Syairi, dilakukan secara transparan dan melibatkan semua unsur seperti pengawas pemilu. Hal itu dilakukan agar pemilihan PPS diharapkan melahirkan penyelenggara pemilu yang berintegritas.

BACA JUGA:   BPK-RI Lalukan Pemeriksaan, Kabarnya Terkait Kasus di Salah Satu Instansi di Kotim

“Untuk Kecamatan Jekan Raya saya koordinatornya, Kita seleksi wawancara ada 24 orang dari empat kelurahan atau enam orang per kelurahan,” katanya.

Seleksi wawancara kata Syairi untuk Kecamatan Jekan Raya digelar di Aula Kantor Kecamatan Jekan Raya. “Ini dilakukan agar peserta gampang mengaksesnya.

Sementara untuk materi, Syairi menjelaskan sebagian besar berkaitan dengan tekhnis kepemiluan. Selain itu penguasaan wilayah juga menjadi catatan penting dalam seleksi tersebut. (Din/beritasampit.co.id)