Demi Keamanan, Logistik Kertas Suara Pilkades Didistribusikan Jumat

LOGISTIK : ARIFIN/BERITA SAMPIT – Logistik kertas suara masih diamankan di kantor DPMD Kotim dan dijaga ketat anggota Polres Kotim.

SAMPIT – Persiapan panitia pendistribusian logistik kertas suara untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan diselenggarakan 14 Maret 2020 sudah matang. Sesuai kesepakatan, pendistribusian akan lebih gencar dilaksanakan Jumat, 13 Maret mendatang.

“Sesuai hasil rapat dengan pihak kecamatan, rata-rata kecamatan menginginkan pendistribusian logistik kertas suara Jumat nanti, kata mereka demi keamanan,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Hawianan saat ditemui diruang kerjanya, Rabu 11 Maret 2020.

Jumlah kertas suara yang dicetak melalui kabupaten itu kurang lebih 47.000 lembar. Kertas suara itu akan didistribusikan untuk 43 desa tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kotim.

BACA JUGA:   Menang Adu Penalti Antarkan SDN 1 Ketapang Juara Turnamen Mini Soccer

“Pendistribusian menuju kecamatan akan dikawal petugas dari pihak kepolisian,” ujar Hawianan yang juga pernah menjabat Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kotim ini.

Mengapa pihak kecamatan mengusulkan pendistribusian serentak pada Jumat mendatang, Hawianan menjelaskan, kertas suara lebih aman disimpan di kantor Dinas PMD Kotim. Namun,setelah didistribusikan ke kecamatan kemudian kecamatan melanjutkan ke desa masing-masing penyelenggara Pilkades serentak.

BACA JUGA:   Hari Ini Kirana III Bawa Ratusan Penumpang Berangkat dari Pelabuhan Sampit menuju Surabaya

“Menurut pihak kecamatan, kertas suara lebih aman apabila masih berada di kabupaten. Kecuali, menjelang H-1, setidaknya Jumat itu seluruh logistik sudah diserahkan ke panitia desa penyelenggara,” tegasnya.

Alasan lain pihak kecamatan menginginkan agar logistik didistribusikan pada Jumat mendatang, menurutnya, letak desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak tidak jauh dari kecamatan.

“Desa yang akan Pilkades serentak itu lokasi desanya banyak yang dekat dengan kantor kecamatan sehingga, wajar saja dan sesuai kesepakatan akan didistribusikan Jumat mendatang,” pungkasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)