Ketua Bawaslu : Peran Media Diperlukan Dalam pengawasan Pemilu

SOSIALISASI : Ahmad/BERITA SAMPIT – Ketua Bawaslu Kabupaten Seruyan Yulius setiawan, saat menyampaikan materi pada Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu. Rabu, 11 Maret 2020.

PESTA demokrasi di Indonesia kembali digelar di tahun 2020 ini, termasuk salah satunya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Hajatan akbar masyarakat kalteng tersebut akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

Dalam penyelengaraan Pilkada serentak 2020, fungsi pers tentu sangat diperlukan untuk membantu tugas penyelenggara pemilu. Pers memiliki peran penting dalam menyebarluaskan informasi terkait pemilu.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Seruyan, Yulius Setiawan berharap Pilkada tahun 2020 ini bisa kondusif, dan berjalan dengan damai.

Untuk itu, Bawaslu Seruyan membangun sinergi dengan media, sebab menurutnya peranan pers dalam menyajikan informasi pada masyarakat begitu besar pengaruhnya.

“Yah, peran teman-teman media sangat penting untuk mengajarkan masyarakat arti demokrasi yang baik dan benar, tentunya disini peran penting pers adalah memberikan pendidikan melalui media massa nya,” ucapnya saat diwawancarai beritasampit.co.id.

Media sebagai pilar keempat demokrasi, Yulius berharap peranan pers bisa membantu menjaga demokrasi sesuai dengan undang-undang.

“Maka pers disini memegang peranan sangat penting menciptakan demokrasi yang berintegritas, karena itu kita mau pers harus bisa membangun sisi kondusif tersebut,” kata Yulius.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Pers dengan Bawaslu mempunyai tugas pengawasan yang sama, untuk itu dia berharap bisa terus bersinergi dan menyamakan persepsi.

“Rekan-rekan pers bisa turut serta menyaring atau membantu Bawaslu menangkal hoax, jangan sampai turut serta menyebarkan berita bohong, karena memang dalam proses Pilkada segala macam cara akan digunakan,” harapnya.

Yulius menekankan untuk mengawasi media massa dan medsos, sebab dia menilai keduanya lebih rawan dimanfaatkan oleh oknum yang ridak bertanggung jawab.

(Asy/beritasampit.co.id)