Ketua Bawaslu Seruyan : Peran Pers Dalam Pemilu Sangat Penting

BAWASLU SERUYAN : JMY / BERITA SAMPIT - Yulius Setiawan

KUALA PEMBUANG – Dalam menyongsong persta demokrasi tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seruyan menggelar sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu bersama sejumlah Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), Relawan Desa Anti Politik Uang (APU), Organisasi Kepemudaan (OKP), dan Pers yang ada di Bumi Hantantiring itu.

Kepala Bawaslu Seruyan, Yulius Setiawan, mengatakan bahwa pengaruh dan peran pers dalam demokrasi sangat penting sekali. Dalam hal ini, ia mengajak rekan-rekan pers untuk aksi menyaring informasi yang beredar.

BACA JUGA:   Jika Dapat Restu Dari Golkar, Fredy Mustofani Siap Bertarung di Pilkada Kotim

“kita berharap, rekan pers bisa membantu turut serta dalam menjaring dan menyaring informasi yang tidak akurat atau hoaks. Karena memang dalam proses pemilu pasti segala cara digunakan, baik melalui media massa ataupun elektronik. Jadi, peran pers sangat penting dalam membantu kita,” kata Yulius, Rabu 11 Maret 2020

Mantan wartawan itu juga mengatakan bahwa di undang-undang pers ada disebutkan jika pers adalah pilar keempat demokrasi. Menurutnya, peran pers disini memiliki peranan pemegang penting demokrasi yang berintegritas. dan harus bisa memangun sisi kondusif untuk mengajarkan kepada ke masyarakat berdemokrasi yang baik dan benar.

BACA JUGA:   Soal Pilkada, Marwan Susanto Tunggu Perintah Partai

Dalam acara itu juga, ia menggandeng BPJS Ketenaga Kerjaan untuk bekerja sama melakukan kontrak kerja bagi Panwascam yang akan melaksanakan tugas nantinya. Ia juga berharap, peran relawan di desa Bangun Harja APU bisa berkomitmen menjalankan amanah sebagaimana yang telah diatur di dalam peraturan desa.

(jmy/beritasampit.co.id)