Disdik Kotim Seleksi Juara KSN SD/MI Persiapan Tingkat Provinsi Kalteng

PESERTA SIAP KOMPETISI : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Sejumlah peserta seleksi KSN SD/MI tingkat Kotim terlihat tetap semangat mengikuti pembukaan walaupun sempat diguyur hujan.

SAMPIT – Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar Kompetensi Sains Nasional (KSN) SD/MI tingkat kabupaten. Bagi yang juara akan diutus mewakili ke tingkat Kalteng yang akan dilaksanakan Minggu pertama April mendatang.

Kepala Disdik Kotim H Suparmadi mengatakan, digelarnya KSN SD/MI tujuan utamanya untuk menentukan juara yang akan dipersiapkan mewakili kabupaten ke tingkat Kalteng.

“Tujuan utamanya mencari perwakilan dari kabupaten yang nantinya akan tampil di tingkat provinsi. Informasinya, tingkat provinsi diadakan pada Minggu pertama April mendatang dan tanggalnya belum ditentukan,” ujarnya usai pembukaan KSN SD/MI di SDN 3 MB Hulu, Kamis 12 Maret 2020.

BACA JUGA:   Diduga Ikut Bali, Puluhan Motor di Sampit Terjaring patroli Gabungan

Suparmadi mengaku optimistis bahwa seleksi KSN SD/MI tingkat kabupaten menghasilkan juara yang mampu diandalkan.

Sebab, tahapan seleksi sudah dilakukan ketat mulai dari tingkat sekolah masing-masing hingga ke tingkat kecamatan.

“Harapannya, mereka yang akan diutus sebagai duta Kotim ke tingkat provinsi nantinya meraih yang terbaik,” kata Suparmadi yang juga menjabat Ketua PGRI Kotim ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Edie Sucipto melaporkan, jumlah peserta KSN SD/MI yang mengikuti seleksi sebanyak 102 orang terdiri dari 51 untuk bidang Matematika dan 51 bidang IPA.

“Tim koreksi hasil KSN SD/MI tingkat Kotim memperdayakan dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) SD/MI sebanyak 16 orang, koreksi itu juga dibantu dari Dinas Pendidikan Kotim,” katanya.

BACA JUGA:   Korban Tenggelam di Sungai Mentaya Belum Ditemukan, Tim Gabungan Lakukan Pencarian Hingga Radius Lima Kilometer

Dia menambahkan, seleksi KSN SD/MI tingkat Kotim, yang akan mewakili ke tingkat provinsi hanya para juara, baik dibidang Matematika maupun IPA.

“Sesuai aturan hanya juara pertama, kedua, dan ketiga baik dibidang Matematika dan IPA yang akan diutus menjadi duta Kotim diajang serupa tingkat provinsi yang rencananya digelar Minggu pertama April mendatang,” ujar Edie yang juga menjabat Kasi Kurikulum dan Penilaian SD pada Disdik Kotim ini. (ifin/beritasampit.co.id).