Usai Pelantikan PKD Katingan Kuala, DPRD Gantungan Harapan Suksesnya Pemilu Serentak

PELANTIKAN: muy/BERITASAMPIT - Foto bersama usai pelantikan sebanyak 16 orang Panwaslu Kelurahan / Desa (PKD) se-Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan bertempat di gedung serbaguna, Sabtu, 14 Maret 2020.

KASONGAN– Dilantiknya 16 orang Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Katingan Kuala Kabupaten Katingan diharapkan mampu bekerja profesional.

Pasalnya, peran PKD menjadi ujung tombak pengawasan agar terciptanya pemilihan umum yang benar-benar dilaksanakan berdasarkan asas pemilihan umum dan peraturan perundang-undangan.

Menurut Budy Hermanto, dengan dilantiknya PKD. Masyarakat menggantungkan harapan besar pada PKD yang baru dilantik ini.

“Semoga Panwascam yang dilantik ini bisa menjalankan tugas sebaik mungkin, karena seberapa baiknya produk pemilu tergantung pada pengawas. Kalau ketat maka semakin bagus,” ujarnya. Sabtu, 14 Maret 2020.

Anggota DPRD Dapil II ini juga mengakui tugas Pengawas pemilu seperti Banwaslu, Panwaslu dan Panwascam serta PKD sangat berat.

BACA JUGA:   Bocah 9 Tahun Dikabarkan Hilang di Sungai Katingan

Selama ini pelaksanaan pemilu tidak pernah lepas dari beberapa catatan dan masalah, hal ini harus jadi perhatian PKD nantinya.

“Karena pemilu tidak hanya berakhir ketika mencoblos, yang paling besar dan susah adalah pengawalan suara agar sampai diperhitungan,” katanya.

Meski begitu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Katingan ini juga tetap optimis penyelenggaraan pemilu tahun 2020 mendatang bisa berjalan lancar.

“Saya yakin masyarakat Katingan peduli dengan daerahnya, saja juga mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan betul-betul,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panwascam Katingan Kuala, Drs Ruslan mengatakan terpilihnya PKD yang dilantik tersebut sudah melalui beberapa proses yang dimulai dengan tahap perekrutan, seleksi administrasi dan tes wawancara yang diselenggarakan oleh panitia pelaksana perekrutan PKD.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Gelar Bimtek Terkait Pengguna Aplikasi E-regulasi dalam Upaya Modernisasi dan Efisiensi Pelayanan Publik

“Mereka yang dilantik itu sebagian besar orang lama yang sudah pernah ikut menjadi Panwas pada pemilu sebelumnya, namun ada juga beberapa orang yang baru,” terang Ruslan.

Ruslan berharap, terhitung sejak dilantik itu, PKD cepat menyesuaikan diri dan memperkenalkan dirinya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti perangkat desa, PPS dan tokoh masyarakat yang ada di desanya masing-masing.

Untuk diketahui pemilu 2020 Kalimantan Tengah akan mengadakan pemilihan serentak, yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

(Kawit/beritasampit.co.id)