Ini Upaya Dinkes Pulang Pisau Lakukan Antisipasi Pencegahan Covid-19

Berita Sampit
Ist/BERITA SAMPIT - Kepala Dinkes Pulang Pisau, Muliyanto Budiharjo Senin 16 Maret 2020.

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan antisipasi dan pencegahan virus Corona atau Covid-19 jika merambah ke Pulang Pisau.

“Sarana dan prasarana kami telah memiliki fasilitas ruang isolasi transit, ruang isolasi untuk sementara beserta timnya Satgas untuk Pulang Pisau dibidang kesehatan, apabila ada yang merasa terindikasi maka cepat hubungi Call center” Ujar Kepala Dinkes Pulang Pisau, Muliyanto Budiharjo. Senin, 16 Maret 2020.

Lanjutnya menuturkan di Dinkes telah memiliki tim yang sudah dilatih untuk menangani masalah covid19 ini. “Cukup hubungi call center saja, Jadi tidak perlu berobat ke Puskesmas atau ke Rumah sakit yang harus antri karena itu malah bisa membuat penyebaran, tim kami siap dan bergerak menggunakan ambulance jika sudah dihubungi” Kata dr Mul sapaan akrabnya

BACA JUGA:   179 Mahasiswa dan Pelajar Kalteng Memperoleh Beasiswa dari Bank Indonesia

Mul mengatakan jika sudah ada yang menghubungi call center pihaknya akan langsung ke TKP dan menjemput lalu melakukan pemeriksaan sweb tenggorokan dan darah.

“Tim kami sudah dilatih untuk pengambilan sampel dan langkah-langkahnya, lalu sampel itu akan kami kirimkan ke salah satu dari delapan wilayah yang memiliki alat pemeriksa sampel tersebut yang ada di Indonesia.Intinya kabupaten kita telah melakukan siaga, namun bukan siaga darurat, artinya kita antisipasi, sebelumnya kami juga sudah menyebarkan surat edaran tentang himbauan upaya pencegahan virus Covid19 ini” Kata dr Mul.

BACA JUGA:   DPMPTSP Kalteng Siap Fasilitasi Para Pelaku Usaha yang Mengalami Kesulitan Melaporkan LKPM

Adapun call center untuk  cegah virus corona ini bisa menghubungi nomor telepon Dinkes Pulang Pisau (0821-5376-4005) dan RSUD Pulang Pisau (0852-4574-9601).

(Ahd/beritasampit.co.id)