Social Distance Efektif Mencegah Penularan Corona

Praktik Social Distance Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona dalam diskusi empat pilar MPR di Media Center Parlemen Senayan, Selasa, (17/3/2020). Foto: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menghimbau segenap masyarakat agar mematuhi anjuran social distance atau penjagaan jarak sosial, guna untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Himbauan Bamsoet itu disampaikan saat diskusi empat pilar MPR, ‘Membangun Integritas Dalam Internalisasi Nilai Pancasila’ yang digelar di Media Center Parlemen Senayan, Selasa, (17/3/2020).

Hadir dalam dialog tersebut di antaranya Staff Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo, Mantan pimpinan KPK Saut Situmorang dan Pakar Komunikasi Effendi Gazali.

BACA JUGA:   Pro-Kontra Naik Pesawat Wajib Tes PCR, John Andhi Oktaveri: Ada Unsur Bisnis di Dalamnya

Bamsoet mengatakan kebijakan social distance untuk membatasi kegiatan-kegiatan dan interaksi sosial itu juga sesuai filsafat Pancasila dan sifat kegotongroyongan.

“Menjaga jarak itu merupakan sikap solidaritas dan kegotongroyongan,” imbuh Bamsoet.

Pimpinan MPR RI itu bilang social distance saat bersosialisasi menjadi cara yang penting, selain cuci tangan untuk mencegah covid-19 akibat virus corona tersebut.

BACA JUGA:   Mendagri Minta APDESI Tidak Tergoda Politik Praktis

Politikus Golkar berujar praktik social distance bertujuan membantu orang melakukan kontak dekat untuk mengurangi peluang penularan penyakit mematikan yang berasal dari Wuhan, China itu.

“Artinya, selain memprotek diri, kita juga membantu orang yang kita beri jarak antar sesama untuk tidak tertular, itulah yang kita tunjukkan hari-hari ini,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit co.id)