Status Siaga Corona, Bupati : Lamandau Masih Bebas Corona

ANDRE/ BERITA SAMPIT - H Hendra Lesmana

NANGA BULIK – Hasil dari Video Converence dengan Gubernur Kalimantan Tengah, Kabupaten Lamandau menetapkan kondisi siaga dalam pencegahan dan penanggulangan virus covid-19 atau disebut virus corona.

“Lamandau tetapkan status Siaga untuk merespon cepat, sesuai arahan gubernur, dan menunjuk kepala BPBD Kabupaten Lamandau sebagai kepala Satgas penanganan virus Covid-19,” Bupati Lamandau H Hendra Lesmana, usai video converence dengan gubernur Kalimantan Tengah. Rabu 18 Maret 2020.

Meski demikian, hingga kini, Pemkab Lamandau memastikan wilayah Lamandau masih bebas dari penyebaran Corona.

“Lamandau masih zero (belum ada) orang yang suspect corona. Bahkan ODP (orang dalam pengawasan) dan PDP (pasien dalam pengawasan) pun belum ada,” ungkap Bupati Lamandau H Hendra Lesmana saat conference press dengan Gubernur Kalteng. Rabu 18 Maret 2020.

Hendra Lesmana menegaskan, pencegahan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Lamandau berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 7 tahun 2020 dan Surat Edaran Gubernur Nomor : 443.2/20/BU tanggal 14 Maret 2020, ada beberapa langkah yang diambil oleh pemerintah kabupaten Lamandau.

“Menetapkan status siaga bencana non alam pandemi virus corona yang dijadikan dasar dalam pengambilan langkah-langkah kebijakan yang diperlukan,” tegas Hendra.

Pemerintah Kabupaten Lamandau dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah menyusun rencana aksi dariĀ  Surat Edaran Bupati dimana surat edaran ini akan disampaikan kepada seluruh lembaga dan masyarakat.

Pemkab Lamandau juga akan melakukan pemeriksaan secara random terhadap arus keluar masuk orang ke Kabupaten Lamandau. Pasalnya, di Kalbar sudah ditemukan orang suspect corona.

“Pengaman antisipasi akan dilakukan secara random terhadap keluar masuk orang. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan TNI/Polri,” tegas Bupati.

(Andre/beritasampit.co.id)