Cegah Corona, Kadis Kesehatan Seruyan Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih

Berita Sampit
DINKES : AHMAD/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Mahdiniansyah.

KUALA PEMBUANG – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Seruyan, Mahdiniansyah mengimbau masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi wabah virus corona (COVID-19) yang kini tengah ramai di Seruyan, menyusul adanya seorang pasien yang diduga terinveksi corona.

Mahdiniansyah, meminta masyarakat harus tetap waspada, “Besar harapan agar masyarakat kita melakukan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan setelah menyentuh benda apapun,” ujarnya.

Selain itu dia juga menyarankan jika masyarakat memiliki keluhan yang mirip dengan gejala medis corona agar segera memeriksakan diri.

“Kalau ada keluhan seperti pilek, batuk dan demam segera datang ke rumah sakit untuk diberikan pelayanan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” paparnya.

BACA JUGA:   Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Kahayan Ditutup, Hingga Hari ke Tujuh Belum Ditemukan

Dalam menghadapi corona, kata dia, Dinkes Kabupaten Seruyan juga meminta kepada seluruh pusat kesehatan masyarakat di kabupaten itu agar lebih meningkatkan kewaspadaan, “Puskesmas juga melakukan sosialisasi penyuluhan kepada masyarakat melalui petugas,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya bersama dengan Pemkab, akan melakukan berbagai upaya dalam bentuk pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut, terutama tempat umum sudah sudah dilakukan penyemprotan disinfektan seperti di bandara.

Sementara itu Mahdiniansyah, mengaku belum bisa mengambil langkah lanjutan karena masih menunggu hasil uji laboratorium dari RSUD Doris Sylvanus terlebih dahulu untuk memastikan hasil diagnosanya.

BACA JUGA:   H Nadalsyah Siap Calonkan Diri sebagai Gubernur, Partai Demokrat Kalteng Akan Lakukan Konsolidasi ke Seluruh Kabupaten

“Dalam penanganan virus corona tidak ada antibiotik yang kita berikan, karena virus tidak bisa dibunuh dengan antibiotik, hanya dengan meningkatkan kekebalan tubuh saja untuk meningkatkan segala bentuk penyakit,” pungkasnya.

Dalam beberapa hari kedepan, Dinkes dan Pemkab Seruyan akan Call Center untuk penanganan virus corona, “Sekretariat akan kita sediakan di Dinkes Seruyan. BPBD, informasi yang diperlukan terkait corona bisa kesana langsung,” jelas Mahdiniansyah pada beritasampit.co.id.

(ASY/beritasampit.co.id)