Pemerintah Diminta Jamin Stok Pangan Terpenuhi Jelang Ramadan

Ilustrasi Bahan Pokok. Istimewa

JAKARTA— Kementerian Perdagangan dan Satgas Pangan Polri meminta agar pembelian sejumlah bahan pokok dibatasi. Hal ini diberlakukan demi menjaga ketersediaan bahan pokok di tengah waspada virus corona.

Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan kebijakan tersebut sebagai upaya menjaga keseimbangan pasokan dan permintaan.

“Saya apresiasi, mengingat banyaknya masyarakat yang berbelanja dalam jumlah banyak akan mempengaruhi stok dan harga sejumlah komoditas,” kata Bamsoet, Kamis, (19/3/2020).

BACA JUGA:   Penting Dibangun Komitmen Kebangsaan Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Bamsoet mengatakan pemerintah tetap harus melakukan pengawasan terhadap kebijakan tersebut dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk para peritel, yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga dan kebutuhan.

“Agar semua tercukupi dan mengantisipasi lonjakan permintaan, sehingga tidak ada spekulan yang merugikan masyarakat,” tuturnya.

Dirinya mendorong pemerintah harus terus memastikan dan menjamin stok bahan pokok aman dan terpenuhi hingga bulan Ramadan dan Lebaran 2020 mendatang.

BACA JUGA:   Generasi Muda Harus Siap Meng-Upgrade Skill yang Relevan Wujudkan Indonesia Emas 2045

“Mengimbau masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi situasi tersebut, berbelanjalah sesuai kebutuhan dan percayakan pada pemerintah yang sudah menyiapkan stok bahan pokok dalam menghadapi bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang,” pungkas Bambang Soesatyo.

(dis/beritasampit.co.id)