Damkar Barsel Gelar Syukuran HUT Ke-101 Tahun

IST/BERITA SAMPIT - Acara syukuran di Mako Damkar Barsel dalam rangka memperingati HUT Damkar Ke-101 Tahun.

BUNTOK – Dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) yang Ke-101 tahun, Damkar Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar acara syukuran di Mako Damkar setempat beberapa waktu yang lalu.

“Dalam acara syukuran tersebut, juga menggundang patner kerja mereka yakni Damkar Pasar Beringin Buntok serta menghadirkan penceramah dari kota Buntok yakni Ustadz Bawaihi,”kata Kabid Damkar Barsel Piad John S.Hut kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya Minggu (22/3/2020).

Dikatakan Piad John, pihaknya berharap dengan digelarnya syukuran ini kita kedepannya segala kegiatan Damkar Barsel dilapangan akan selalu diberikan perlindungan.

Sebab, setiap tugas yang dilaksanakan dilapangan merupakan tugas yang mulia dimana saat terjadi bencana kebakaran anggota Damkar bertarung dengan nyawa untuk membantu masyarakat dengan sepenuh hati.

Yang pastinya, tugas yang di emban ini merupakan tugas dan kewajiban sebagai anggota Damkar sehingga pihaknya bisa menanggulangi kebakaran dan menyelamatan harta benda.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

“Sehingga, tidak mengalami kerugian yang lebih besar itu harapan kita dalam acara syukuran tersebut,”Katanya.

Menurut pria yang akrab dengan isan pers ini, pihaknya juga berharap dengan HUT Damkar yang Ke-101 tahun ini khususnya Damkar Barsel bisa mandiri dan berdiri sendiri sesuai yang berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 16 tahun 2020 bahwa paling lambat.

“Setelah Permendagri terbit, 1 tahun baik disetiap tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota agar membentuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tersendiri sebab pemadam adalah urusan wajib,”bebernya.

Apabila sudah menajdi Dinas terang Piad John, bukan hanya tugas utama untuk memadamkan api akan tetapi juga melakukan segala kegiatan-kegiatan yang lainnya seperti melakukan sosialisasi, kerja bakti, mendukung setiap kegiatan-kegiatan di daerah.

Salah satunya, seperti saat ini Kabupaten Barsel sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXX Tingkat Provinsi Kalteng oleh sebab itu Damkar Barsel ikut mendukung agar pelaksanakaan MTQ tersebut berjalan dengan sukses dan lancar seperti.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Melakukan, penyiraman dan pembersihan lingkungan dan Damkar Barsel siap untuk  menyuplai air bersih keseluruh tempat penampungan kafilah-kafilah dari Kabupaten lainnya,”ungkapnya.

Lebih lanjut Piad John menambahkan, dengan dilaksanakannya acara syukuran tersebut dirinya juga mengimbau kepada seluruh anggota Damkar Barsel agar selalu merasa ada kebersamaan sesama anggota Damkar.

Selain itu juga, dengan digelarnya acara syukuran tersebut juga terjalin silahturahmi dengan rekan-rekan dari Damkar Pasar Beringin Buntok.

“Apabila memadamkan api dilapangan, kita saling bekerjasama karena kita mempunyai tugas yang sama yaitu untuk membantu masyarakat yang terkena musibah kebakaran,”pungkas Piad john.

(Ded/beritasampit.co.id)